Ask @Greschinov:

Kenapa indonesia masih mengimpor beras?

Nura Farchatina
Untuk memastikan bahwa pasokan beras nasional benar-benar 100% aman dan tak ada kelangkaan setelahnya. Kita boleh optimis pada hasil panen yg cukup, tapi kita tak pernah tau apa yang terjadi ke depannya. Lebih baik berjaga-jaga saja dengan mengimpor. Di sini poin pemerintah untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi sudah benar.
Tinggal volume impornya, mau berapa ratus ribu/juta ton? Nah, semakin besar volume impornya, semakin banyak pula pasokan beras di pasar, dan harga gabah di tingkat petani jadi semakin tergerus. (Ingat prinsip saat supply lebih besar daripada demand, maka harga turun). Akhirnya, petani yang dirugikan. Kebijaksanaannya terletak dari bagaimana caranya impor agar pasokan beras tetap aman, tetapi di sisi lain tidak melukai harga gabah di petani.
Kurang lebih begitu...

View more

Yuk ikutan Forum Greschinov ke-6!

Erlangga Greschinov
Hello guys!
Forum Greschinov ke-6 akan digelar di BEKASI. Agenda kita dibagi menjadi dua sesi: yaitu diskusi dengan satu tema tertentu dan diskusi dengan tema bebas. Uraian agendanya:
1. Diskusi mengenai sejarah, budaya, dan fakta mengenai Yunani
2. Belajar bahasa Yunani.
3. Diskusi mengenai filsafat.
4. Sesi Diskusi Bebas: Mau curhat, bertanya, cerita, atau berbagi pengalaman, di sini tempatnya!
Acara dilaksanakan SABTU tanggal 22 September 2018. Pukul 13.00. Tempatnya di Dilo Bekasi (Nusantara Digital), Ruko Caman Baru No.1 Jl. KH. Noer Ali
Forum ini biayanya Rp50.000. Bagi kamu yang berminat, silakan isi Google Formulir di: http://bit.ly/ForumGreschinov ya! Mengenai bayar di mana akan diumumkan lewat email dan/atau Whatsapp kepada mereka yang telah mengisi formulir.
Salam,
Erlangga Greschinov
Narahubung: Nisa (081214919850)
Testimoni:
"Keren Forum Greschinov ya, baru kali ini nemuin forum se-asyik dan sedamai itu." - Pipit
"Bisa ngobrol sembari tukar pikiran satu sama lain, nambah temen baru juga." - Andhien

View more

Kak Gres.. buat satu puisi dong:))

Rizky Althoriq
Aku menulis puisi dalam bahasa Yunani, judulnya Ο χορός του ήλιου (o khoros tou iliou; tarian matahari). Puisi tentang harapan yang selalu ada, seperti matahari yang terus bersinar terang hingga ribuan tahun lamanya...
Berikut puisi serta terjemahannya:
Ο χορός του ήλιου
Ο ήλιος μου είναι εδώ,
Δε θα πάει πουθενά.
Παραμένει για πάντα, ελπίζω
Φροντίζει, σαν τη μάνα.
Έτρεξα στον ορίζοντα.
Παραμένει, χαμογελάει σιωπηλά.
Πάντα πηγαίνει κοντά.
Ασφαλώς είναι όλα.
Tarian Matahari
Ada di sini, harapku.
Tiada seujung kuku pun niat beranjak.
Tetap di sini ribuan tahun, harapku.
Bagai ibu bumi, terus memeluk hangat.
Kulengkung menuju kaki langit.
Ia tetap ada, tersenyum dalam diam.
Selalu membayangi langkahku.
Ya, dia segalanya-ku.

View more

Yuk ikutan Forum Greschinov ke-5!

Erlangga Greschinov
Hello guys!
Forum Greschinov ke-5 akan digelar di JAKARTA. Agenda kita dibagi menjadi dua sesi: yaitu diskusi dengan satu tema tertentu dan diskusi dengan tema bebas. Uraian agendanya:
1. Diskusi mengenai sejarah, budaya, dan fakta mengenai Rusia.
2. Belajar bahasa Rusia dasar.
3. Sesi Diskusi Bebas: Mau curhat, bertanya, cerita, atau berbagi pengalaman, di sini tempatnya!
Acara dilaksanakan SABTU tanggal 8 September 2018. Pukul 13.00.
Forum dilaksanakan di Kolla Workspace, Jalan Haji Agus Salim No32 B Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat
Daftarkan dirimu di sini: http://bit.ly/ForumGreschinov

View more

Kak kasih pendapat atau ulasan tentang ASIAN Games Dong!

Callista
Asian Games 2018 bisa dibilang perhelatan internasional terbesar yang pernah digelar bangsa ini. Atlet-nya sampai belasan ribu, terbanyak di sepanjang sejarah Asian Games yang pernah ada.
Satu hal yang aku heran, dari tahun 1982, Tiongkok terus-terusan menjadi peraih medali emas paling banyak. Asian Games jadi event yg "kurang seru" karena juara umumnya itu-itu terus. Di sini, kurasa sentimen "anti-Cina" jadi agak relevan. "Kok Cina mulu yang juara?!"
Namun, terlepas dari itu semua, kita perlu berbangga mengenai prestasi Indonesia. Betul-betul melesat tajam, ngga tanggung-tanggung, Indonesia masuk peringkat ke-4 setelah Tiongkok, Jepang, dan Korea. Indonesia benar-benar menunjukkan giginya di Asian Games kali ini.

View more

yuk ikutan Forum Greschinov ke-4!

Erlangga Greschinov
Hello guys!
Forum Greschinov ke-4 akan digelar di JAKARTA. Agenda kita adalah sebagai berikut:
1. Kursus singkat bahasa Ibrani.
2. Diskusi mengenai sejarah, budaya, dan fakta mengenai Israel.
3. Diskusi mengenai hubungan Israel-Palestina dan usaha-usaha untuk mencapai perdamaian bagi kedua belah pihak.
Acara dilaksanakan hari Minggu, tanggal 2 September 2018. Pukul 13.00. Di Kolla Workspace, Jalan Haji Agus Salim No32 B Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat
Forum ini biayanya Rp50.000. Bagi kamu yang berminat, silakan isi formulir di http://bit.ly/ForumGreschinov .
Mengenai detail acara, bayar di mana akan diumumkan lewat email dan/atau Whatsapp kepada mereka yang telah mengisi formulir.
Salam,
Erlangga Greschinov
Narahubung: Nisa (081214919850)
Testimoni:
"Keren Forum Greschinov ya, baru kali ini nemuin forum seasyik dan sedamai itu." - Pipit
"Bisa ngobrol sembari tukar pikiran satu sama lain, nembah temen baru juga." - Andhien

View more

Gimana menurut mu tentang orang tua tiri??

Aziza
Orang tua tiri juga manusia...
Ada yang baik dan buruk perangainya.
Sepupuku punya ibu tiri. Kebetulan mama-nya sudah meninggal. Jadi, dia diurus sama si ibu tirinya.
Dan yang kuliat ibu tirinya lebih cerdas dan ngemong ketimbang almarhum ibu kandungnya.
Jadi kalau ada yang bilang ibu kandung itu pasti ngemong dan ibu tiri pasti jahat, omongan macem begitu bisa ditolak mentah-mentah... Karena yang kulihat sendiri, yang terjadi adalah sebaliknya. Di sini status keibuan lebih ke arah nurani ketimbang ke arah biologis.

View more

Kak gres bahas dong dasar penggunaan die der das den pada bahasa Jerman

Boquet
Ini bahasa Jerman dasar.
Jadi perlu kamu pahami dengan benar dulu teorinya. Kalau di bahasa Inggris, artikel definit itu cuma "The" (The man, the book, etc). Nah, di bahasa Jerman ada banyak, tergantung jenis kelamin kata bendanya apa dan posisinya di kalimat sebagai apa.
Der, die, das itu artikel untuk bentuk subjek:
Der untuk maskulin (männlich).
Contoh: der Mann (pria)
Die untuk feminin (weiblich).
Contoh: die Blume (bunga)
Das untuk netral (sächlich).
Contoh: das Mädchen (gadis)
Cara penentuan kata benda mana yang maskulin, feminin, dan netral, itu mesti banyak menghapal... Memang ada beberapa aturan untuk sedikit menebaknya, tetapi itu bukan dipelajari di level pemula.
Den itu ada gunanya:
1) Untuk kata benda maskulin tunggal, jika posisinya adalah akusatif.
Contoh:
Ich sehe den Mann.
Saya melihat seorang pria.
Bukan der Mann, tapi den Mann karena posisinya adalah objek.
2) Untuk kata benda maskulin jamak, jika posisinya adalah datif.
Contoh:
Ich gebe den Männern Bier.
Aku memberi pria-pria itu bir.
Pria-nya banyak dan posisinya adalah objek tak langsung (datif). Jadi pakenya den.
Bingung?
Emang aturan begini membingungkan...
Makanya, aku memutuskan mendalami bahasa Belanda ketimbang Jerman. Di bahasa Belanda, aturan macem begini udah ngga ada... Terlebih aku sudah terlebih dahulu menelan bahasa Rusia yang konsep macam ini jauh lebih rumit. Aku bisa jelasin begini karena aku sudah ada basis di bahasa Rusia.
Dan juga, saat ini aku tak mau menambah masalah hidup dengan belajar bahasa Jerman... Ahaha.

View more

Tempat apa yang bisa membuat kamu tenang ?

dave
Tempat sepi yang nyaman di mana aku bisa membaca buku-buku atau merenungkan berbagai hal tanpa gangguan. Entah itu di alam bebas atau di ruang tertutup.
Tapi sering kali, ada situasi di mana kekacauan melanda di sana-sini sehingga ketenangan darurat dibutuhkan saat itu juga. Biasanya memang akan lebih baik jika bermeditasi. Itu yang kulakukan.

View more

Halo Kak Gres:) Kalo boleh tau, Vee itu siapanya Kak Gres? Trs awal kenalnya gimana?

Desy Rzkyta
@veronicadevii itu adik kesayanganku.
Kenal awalnya dari ask.fm ini, sapa-sapaan, terus berlanjut di chat Line, dan ya akhirnya menjadi deket seperti sekarang.
Vecyo orangnya lembut, I love her and she loves me too... Vecyo berharga buat aku, dan aku pun berharga buat Vecyo. Kemarin-kemarin dia bilang samaku mau kuliah di Jakarta, biar bisa deket samaku juga, tapi ya rezekinya kuliah kedokteran di Surabaya dan aku tetep dukung yang terbaik buat Vecyo.
Bersyukur juga di ask.fm bisa ketemu Vecyo. Terus kemarin Vecyo kirim tulisan ini ke aku. Kan aku terharu dong... :)

View more

kak gimana si biar gak gampang mengeluh dalam segala hal??

Mozza Sayyidah
Kurasa, mengeluh itu keburukan natural yang ada pada diri manusia. Orang yang mengeluh, harus kita dukung dan support, agar dia jangan keseringan begitu.
Dalam tahap personal, kita butuh orang buat cerita. Dan semua orang memang butuh tempat di mana bisa berkeluh dan meluapkan semuanya. Kalau ngga ada banget, ya lakukanlah dengan menulis (di diary, di notes, atau di platform lain yang tak dilihat orang) karena menulis itu bisa melegakan perasaan, walau tak sepenuhnya.

View more

Recmnd lagu galau dong :(

Ryan!
Aku tidak galau dengan lagu, aku galau dengan menulis puisi. Akan semakin tajam emosi yang dihasilkan, bila puisinya ditulis dalam bahasa Yunani.
Ini puisiku, judulnya Μισή Ελπίδα (misi elpida; setengah harap) dan kubuat terjemahannya dalam bahasa Indonesia.
Μισή Ελπίδα
Ω Θεέ μου, πονάει η καρδιά μου.
Καταστρέφει η σιωπή τους αιώνες.
Στη αμαξοστοιχία της ζωής, είμαι μόνος μου.
Κατά του χρόνου, δεν υπάρχουν οι ευκαιρίες.
Setengah Harap
O Allah, dihantam jatuh hatiku.
Senyap membentangi untaian abad.
Di atas gerbong hidup, kumenyepi sendiri.
Masa diterjang, lesaplah butiran cahaya.
- Erlangga Greschinov

View more

Ka tentang mencuci kaki ibu lalu diminum untuk mendapat ridho Nya memang benar ya ka? Tolong dijawab ya ka habisnya aku bingung, orang2 disekitar aku bilangnya harus diminum, beda dengan artikel2 yg ada di google mengatakan engga. terimakasih banyak 😁

Laaaaaa
Nabi saw. bersabda,
رضى الرب في رضى الوالد و سخط الرب في سخط الوالد
Rida Allah bergantung rida orang tua, murkanya Allah bergantung murka orang tua. (HR. At-Tirmidzi)
Dari hadis ini udah jelas, kalau kita mau bikin Allah rida, ya caranya dengan membuat orang tua kira rida (senang) dengan kita. Jadilah anak yang taat dalam agama, tutur katanya baik, cerdas dalam berpikir, dan perangainya lembut. Itu sudah cukup.
Gak ada hubungannya dengan minum air bekas cuci kaki ibu. Kan airnya kotor? Jangan lakukan ya.

View more

Kak aku gagal sbm 2 kali :) aku merasa semuanya hancur begitu saja dalam waktu 1 hari. Aku kecewa sedih dengan hasilku, jujur aku udah berusaha dg maksimal aku udah pelajarin materi sbm tapi aku gagal kakkk. Aku harus gimana ? :((

chika maretha putri
Aku amati, lulusan SMA zaman sekarang kurang pikir alternatif planning. Ibarat maunya A, yaudah A, gak ada yang lain. Mestinya kita juga berpikir, saat lulus SMA nanti, rencana kita kemana aja? Prioritas pertama di A, kalau gak berhasil, ya bisa ke B, atau gak ke C.
Dua kali gagal SBM sebenarnya menegaskan bahwa kita masih terjebak ilusi dalam menentukan pilihan hidup kita. Saranku, ya ambil kuliah swasta. Itu lebih baik buat kamu. Emang sih tak sesuai dengan harapan awal, tetapi itu jauh lebih baik bila dibandingkan dengan tidak kuliah sama sekali.

View more

Betul kak, menuntut ilmu itu nomor satu tapi bagi mereka yg memiliki pemikiran maju dan memang jauh dari maksiat sedangkan seruan menikah muda itu untuk menjauhkan diri dari dosa karna sebagian besar anak muda jaman sekarang banyak berbuat maksiat terutama dijakarta

Nabila Ruby Ernita
(continue) Dengan statement seperti itu sama aja kaya kak erlan setuju kalau no satu itu menuntut ilmu meskipun maksiat dimana mana hehe jgn tersinggung ya kak
---
Kalau kamu mau melihat realitanya, mereka-mereka yang suka "maksiat", cenderung gak bakal tertarik nikah muda. Justru yang tertarik nikah muda, lebih kepada orang-orang yang baru didoktrin lewat "ustaz" entah di kanal Youtube, Instagram, OA Line dan semacamnya, bahwa nikah itu harus disegerakan.
Intinya aku mau bilang, bahwa peminat nikah muda dan peminat "maksiat" berada pada segmen pasar yang berbeda.
Jadi, perkataanmu bahwa dengan nikah muda artinya menjauhkan diri dari maksiat itu gak 100% benar. Mungkin iya, bagi mereka yang dari awal sudah berpretensi nikah muda menjauhi zina, tetapi tetap tak berpengaruh atau mengurangi segmen peminat "maksiat" yang udah ada.
Nah, peminat "maksiat" ini sebenernya gak butuh didoktrin nikah muda, mereka harus dibenerin dulu akidahnya, dibenerin salatnya, puasanya, dan kewajiban yang lain. Itu dulu deh.
Lagi pula nikah muda gak otomatis menjauhkan diri dari dosa lho dik. Nikah muda justru bisa berbuah haram dan petaka-petaka dosa lainnya, jika tidak direncanakan dengan matang, baik dari finansial, mental, dan hal-hal lainnya.

View more

kak Er aku baru liat kalau kamu buat forum itu, masih bisa daftar dan ikutan kah? 😢

Wella Mufidah
Bakal ada Forum Greschinov lagi kok :D
Acara Forum Greschinov kemarin, alhamdulilah sukses, banyak sekali yang cerita, curhat, dan sharing berbagai hal kepadaku. Aku rasa manfaatnya banyak banget.
Yah, memang Forum ini adalah agar aku dan kamu bisa sama-sama sharing dan cerita, berbagai hal bisa dibahas di sini...
Rencanaku, akan mengadakan Forum lagi tanggal 30 Juni ini. Dan acaranya masih di Jakarta. Siap-siap lagi ya yang di Jabodetabek... Daftarkan dirimu di sini: http://bit.ly/ForumGreschinov
Ini foto aku dan peserta Forum Greschinov kemarin.

View more

Next