Ask @NisaJung97:

Bagaimana pendapat kamu tentang orang yang punya sifat pendiam?

Percaya nggak, kalo setiap kali gue ngeliat ada orang yang saking pendiemnya sampe kalo ngumpul cuma ngangguk-ngangguk aja gitu, gue selalu inget diri gue sendiri... Dulu.
Gue juga pendiem, nggak jago bersosialisasi, sering gemeteran kalo dikelilingi banyak orang. Tapi, dengan hadirnya "teman" yang selalu memberi kesempatan gue untuk mengeluarkan pendapat, melenyapkan kesempatan gue untuk bungkam dengan terus-menerus ngajak gue bicara dan menghargai setiap kata yang keluar dari mulut gue, perlahan gue berubah. Gue jadi lebih sering menyuarakan isi hati gue, belajar memulai obrolan, sampe akhirnya nggak ada yang berani nyebut gue pendiem lagi―walau sebenarnya gue tetap bicara seperlunya, cuma lebih ekspresif aja.
Nah, setelah melalui itu semua, gue selalu bertekad untuk menjadi "teman" bagi mereka yang tidak bisa dengan bebasnya berinteraksi dengan orang lain. Paling nggak, seperti yang "teman" gue lakukan dulu, gue nggak akan mengubah karakter "kalem" yang emang udah tertanam lama. Gue cuma akan membiarkan orang-orang mengetahui apa yang selama ini mereka rasakan dan pikirkan, tanpa perlu lagi dilanda kecemasan. Dah, gitu aja.

View more

Sebagian besar tingkat kepercayaan diri kaum hawa jika tidak memakai make up sangatlah rendah. Apa pendapat kalian tentang hal tersebut dan bagaimana cara menumbuhkan kepercayaan diri tanpa make up?

Mengurangi sedikit demi sedikit penggunaan make up. Dari yang biasa pake eyeliner sama alis tebeeel banget kayak kamus, perlahan ditipisin, sampe sadar kalo sebenernya dunia nggak akan berubah hanya karena lo nggak pake eyeliner dan pensil alis ya gak seeehhh???
Terus yang hobi pake lipstik warna-warna ngejreng, coba turunin shade-nya jadi rada nude (tapi tetep cocokin sama warna kulit ya shay) sampe akhirnya tertarik nggak pake sama sekali.
Yang hidupnya bergantung sama concealer, foundie, bb, cc or dd cream bertumpuk-tumpuk juga, kurangi porsinya sampe lo merasakan betapa nikmatnya kemerdekaan muka lo tanpa itu semua.
Pada dasarnya make up itu menyenangkan, tapi untuk porsi berlebih yang sampe-sampe bikin lo nggak berani keluar rumah hanya karena nggak menggunakannya, selamat, lo kurang mencintai diri lo sendiri.
Anjay kan nasehat gua.
Padahal gua aja tiap mo ke warung deket rumah kudu lipstikan dulu biar nggak dikira zombie.

View more

Next