Ask @Piggytchae:

gmna kak cara atasi cobaan idup???

dengan menghadapi nya dan menyelesaikannya.
Itu paling logis sih.
Kalo lu udah berusaha dan berdoa dan membuahkan hasil, berarti lu sudah berhasil mengatasi.
Gw suka kalimatnya Baskara Putra (.Feast/Hindia) yang pernah bilang "..mungkin lu belum bisa nemu jawaban nya sekarang, setahun - dua tahun. Mungkin di tahun ketiga lu baru bisa dapet jawabannya". Yang mana maksudnya kalo ngga bisa mengatasi nya sekali ya dicoba aja terus, karena kita manusia normal biasanya ngga bisa memprediksi kapan sepenarnya waktu yang tepat untuk mendapatkan jawaban di masa depan.

View more

Kalo lagi kangeeen banget sama orang, dan ga bisa ungkapinnya, harus gimana ya? 😭

mungkin pertama membicarakan nya dulu dengan Tuhan, lalu memikirkan kenapa lu ngga bisa mengungkapkan dan apa yang bisa lu lakukan dari batasan2 itu?
Kayak misal gw kangen banget, gw berusaha merasionalkan diri, bicara dengan Tuhan, kalo gw kangen banget dan berharap bisa ngungkapin misal, terus abis itu gw akan liat2 foto nya dia lagi, nge stalk insta nya sesekali, atau dengerin podcast nya dia, misal.

View more

cara menghargai diri sendiri gimana ?

penjelasan nya yang paling gampang bagi gue coba nonton youtube "menjadi manusia" yang episode baskara putra.
evantually memang harus ada pemahaman bahwa yang akan dan palling mengerti diri kita sendiri adalah diri kita sendiri, bukan siapapun meski sedekat apapun.
Gw sering bilang ke diri gw sendiri, "Kalau ngga gw yang peduli ama diri gw, siapa lagi? Ngga ada siapa2. Orang cuman akan bisa membantu, tapi mereka ngga akan pernah paham gw sepenuhnya."
Berangkat dari situ, gw mulai belajar memaafkan diri gw demi gw, gw akan mulai memaafkan kesalahan-kesalahan gw yang dikira sepantasnya dimaafkan. Kalau kesalahannya fatal dan membuat gw sangat menyesal misal, gw paling ngga akan memetik pelajaran nya apa yang seharusnya gw lakukan di lain waktu kalau kejadian yang serupa ada lagi, dan, balik lagi, belajar berdamai dengan diri sendiri. Karena itu yang paling sulit.
Dan gw mulai menanamkan pikiran seperti " Lu udah sampe sini dan berhasil masih idup, lu patut untuk dihargai, keberadaan lu patut untuk dihargai, perjuangan lu untuk hidup patut untuk dihargai. Lu orang yang pantas, sama seperti semua orang2 lainnya".

View more

misal kamu kerja, tp senior2 kamu bikin kamu ga kuat kerja disana. sedangkan pekerjaan kamu enak dan gaji memuaskan. apa yg kamu lakukan?

Kalo senior nya senior berpengaruh ya gw rasa gw harus menahan diri saja dan mencari metode untuk cope up dengan lebih baik, dan bangun koneksi sama orang yang diatas nya senior itu supaya kerjaan terjamin lancar nya.
Sama gw akan berusaha terus-menerus mengingatkan diri kenapa gw kerja disitu dan apa yang membuat gw bertahan.
Kalo dia ternyata ngga terlalu berpengaruh di dunia kerjaan dan cenderung punya reputasi buruk ya akan menjadi alasan gw untuk banyak menghindar dari dia, dan kalo sampe dia cari masalah ke gw, ya paling bakal gw hadapin. Diajak ngomong dlu2 baik. Kalo sampe abis itu dia masi cari gara2 yaa... (isi sendiri enaknya gimana. wkwkwwkwkwkwkkw)

View more

Next