Ask @Tannahernando:

Mau ngasih sesuatu saat anniv, yang romantis apa ya? Gak mau yg sekedar barang2 aja

Kemarin aku kasih CD sebagai bday gift buat doi. Isinya mini project yang aku buat bareng temen-temen deketnya doi. Karena dia kesel gak bisa kumpul sama temen-temennya gara-gara pandemi corona. Hahaha. Isi CD-nya itu ada beberapa foto dan video ucapan ulang tahun buat dia. Di akhir kita buat mini concert nyanyi lagu-lagu favorit dia. And it worked, she liked it. Cliché, ya? Tapi mungkin bisa jadi inspirasi. Haha

View more

Isu apa yang akhir2 ini sedang kalian ikuti? Share dong, itung2 buat nambah ilmu

Covid-19.
Di Jerman penyebaran virus ini udah cukup mengkhawatirkan. Disini aku mau berbagi gimana cara Jerman (khususnya kota saya, Berlin) menghadapi pandemi corona.
1. Dari kasus infeksi pertama di Jerman, Robert-Koch-Institut membuat skema alur penanganan lebih spesifik dan terarah.
2. Siapapun yang merasa terinfeksi covid-19, bisa konsultasi dulu via telefon hotline khusus dan dilarang datang langsung ke dokter tanpa ngasih tau.
3. Siapapun yang positif terinfeksi, langsung diisolasi di rumah sakit.
4. Acara-acara besar yang melibatkan lebih dari 1000 orang harus dibatalkan. Contoh, Hannover Messe, ITB Berlin, Bundesliga. Disini sedihnya sih, saya batal nonton Bayern Munchen vs Chelsea.
5. Di beberapa daerah episentrum corona, sekolah-sekolah diliburkan.
6. Di Berlin dan Baden-Württemberg , awal kuliah sommersemester diundur seminggu. Mungkin bisa lebih lama lagi.
7. Ada aliran dana dari pemerintah untuk ekonomi (tapi aku kurang paham detailnya)
8. Di Berlin, pintu bus dekat supir tidak dibuka untuk menghindari kontak dengan supir. Jadi, keluar masuk lewat pintu belakangg.
9. Pemerintah memperkirakan 70% warganya akan terinfeksi dan yang diupayakan adalah cara untuk memperlambat penyebaran bukan menghentikan supaya ressource rumah sakit cukup melayani.
10. Warga diminta jangan bepergian terlalu jauh seperti keluar kota, untuk memperkecil penyebaran.
11. Merkel menghindari jabat tangan.
Begitu. Sebenarnya penyebaran virus corona disini lebih parah dari Indonesia, tapi bagusnya pemerintah disini cukup sigap nanggapinnya. Semoga penyebaran virus ini di Indonesia juga semakin berkurang. Stay safe and healthy!

View more

what do you think? being single in Valentines Day for whole day?

Umm..
Well, I don't have any particular opinion about it. Nothing is wrong either with being single all the year or in a relationship. As long as we try to live our life with all that we have, both are just as significant. We can grow in our singleness as well as when we're in a relationship.But I would curiously question those who feel pathetic being single on valentines day, those who try to be in a relationship for the sake of valentines day, and those who are proudful as to brag being in a relationship on vals day.
I don't think being alone without partner is lonely.
I don't think having (or forcing to have) someone special today would benefit my life in the long run.
I don't think the relieve from when we can follow trends in society is a good sign of normality.
Maybe I'm weird, but I don't live for the superficials.

View more

Kak tanna ceritain lebaran di jerman gimana dong?

Halloo,
Telat banget ya ini, wkwk.
Lebaran di sini enak! Gak deng, gua bohong. Namanya hari raya pasti paling indah kalo bareng keluarga. Gua iri sama kalian yang bisa lebaran bareng keluarga kalian di rumah. Kalo gua di sini, ya cuma temen yang bisa disebut keluarga.
Tapi gua ada cerita. Lebaran kemarin gua bangun jam 5, panik karena masjidnya jauh dari rumah. Akhirnya gua mandi beres-beres sampe dapetlah bis pukul 6. Sampe di masjid ternyata belum buka, hahaha. Waktu itu cuma ada dua orang yang nunggu di depan. Dan ternyata sholatnya jam 8 pagi.
Sambil nunggu temen, gua berdiri aja depan pintu (fyi, masjidnya bukan besar berkubah kaya bayanganmu, ini lebih seperti toko biasa dengan pintu kecil seadanya). Sekejap ada orang samperin gua ngomong campur bhs inggris - jerman.
"Orang mana?"
"Indonesia, Bapak?"
"Somalia, di Afrika itu lho, tau?"
"Iye iye pak, tau kok (yang bajak laut itu Somalia kan? Ekekek)"
*hening*
"Kemarin saya liat di youtube di Indonesia, ada orang sholat tarawih cuma 7 menit. Allahuakbar allahuakbar cepet banget." *sambil geleng-geleng kepala*
"Heh? (Gua aja gatau) masa sih? Duh hehehe malu-maluin deh"
"Kamu bisa ngaji?"
"Bisa pak"
Bodohnya, gua tanya balik;
"Bapak juga bisa?"
"Saya guru ngaji malah"
Hahahaha terus tiba-tiba dia ngeluarin handphone, ada surah apa lupa, disuruh baca di tempat gua (lewat al-qur'an digital). Baca baca baca, dia ngeralat beberapa bacaan. Hukum mad, atau tanwin, atau yang lainnya.
Gua disitu merasa sedikit lega, karena gak malu-maluin Indonesia, setelah denger cerita video di youtube yang dia tonton. Barulah pintu masjid dibuka, dia masuk dan gua malah pergi, karena temen gua ada di masjid yang berbeda yang katanya lebih besar.
Jadi, ya.. Ada aja kisah yang gak ketebak ya. Selebihnya sholat biasa dan dapet makanan manis-manis secara cuma-cuma.
Selamat lebaran anon! Mohon maaf lahir batin, kalo belum kita maaf-maafan.

View more

Next