Kenapa suka kuliah di jerman ka?

Hm,
Kalo dibilang suka sih gak juga. Awalnya aku bisa kesini juga mikir-mikir dulu. Tapi akhirnya mau karena memang disini punha kualitas bagus di bidang pendidikan. Kalo soal suka apa engga-nya sih, jujur aku lebih suka kuliah disini karena pengalaman yang didapet juga lebih banyak daripada di indonesia (menurutku lho ya).
Pengalaman itu sendiri pasti dibarengi sama kesusahannya tersendiri, dan itu yang kadang bikin kita capek kuliah disini. Mungkin kalian mikir "di indonesia juga banyak kesusahannya kali". Iya sih emang yang namanya kuliah dimana-mana juga gak ada yang gampang. Tapi yang aku dapet disini itu kesusahannya 'lebih'. Lebihnya itu :
1. Bahasanya harus dipelajari bener-bener.
2. Perpanjang visa disini lebih mengerikan dari ujian semester.
3. Nyari rumah. Beruntung kalo bisa dapet rumah bagus tapi murah.
4. Salah ini denda, salah itu denda. dll.
Tapi, satu hal nih ya. Aku bukannya suka kuliah disini, tapi lebih ke bersyukur bisa kuliah disini. Jadi, dimanapun kalian kuliah atau kerja atau apapun itu yang kalian jalanin sekarang, jalanin aja dan jangan lupa berdoa biar semuanya lancar. 😉

The answer hasn’t got any rewards yet.