Kak, mau nanya dong soal transportasi di jerman. kalo dibandingin sama di indonesia lebih efisien mana?

Fenni Dian Pratiwi
Hai, Fenni.
Menurutku lebih efisien disini. Kenapa? Disini 1 tiket itu buat semua jenis transportasi (taxi excluded ya). Kita cuma pake semesterticket, itu bisa buat naik bis-tram-kereta dan itu cepet semua gak ada yang kayak keong. Harga ticketnya memang mahal tapi itu udah termasuk bayaran kuliah, tiap semester nanti dapet semesterticket. Alesan lainnya karena fasilitas dan pelayanannya sih bagus banget disini, bisa dibilang yang terbaik yang pernah aku rasain. Disini jarang ngaret juga. Misal, tram dateng 2 menit lagi, ya pasti dateng 2 menit lagi gak akan telat atau lebih dulu sampe. Makanya setiap hp kita udah ada apps buat update traffic kapan jadwal dateng-berangkat. Terus kalo misal ada renovasi atau apapun itu, pasti bakal dikasih tau jauh jauh hari. Tapi biasanya kalo kota kecil cuma ada bis sama kereta, gak ada tram. :)