Ask @Tannahernando:

Enak ya kuliah di luar negri bsa jalan2 trs kak

Dibalik foto jalan jalan dan seneng seneng. Nih gua kasih tau buat yang suka bacot. Dipikir sekolah disini enak bisa jalan jalan terus. Dikira sering upload foto jalan jalan, terus kita lupa sama tanggungjawab kita. Ayolah, kita udah gede. Luasin pikirannya. Seneng kan liat upload-an foto keren? Gapernah kan dikasih update-an tiap hari pegang buku, duduk dikursi mantengin laptop sambil belajar? Yaiyalah gapernah, ngapain juga berbagi hal yang gak menyenangkan wkwk. Ntar kalo dikasih yang belajar terus lu bosen, terus bilang "susah ya sekolah diluar". Ya mending gua kasih yang seneng seneng biar kalian tau disini itu enak. Ayo buat kalian yang mau memperluas pikiran dan menambah pengalaman berharga. Gua tunggu disini. Kita sama sama belajar dan bergerak.

View more

menurut lo, pendidikan di indo dan di german susahan mana? (im not talking about the linguistic differences)

Indonesia. Itu menurut gua.
Banyak alesannya sih, gua ambil contoh kecilnya aja. Kebanyakan guru di indonesia buat jawaban essay, murid muridnya harus jawab sesuai pendapat dia atau buku atau teori, sama persis. Kalo di sini, pendapat ya pendapat. Kalo pendapat murid itu bagus, guru kasih nilai bagus. Bahkan di indonesia gua kalo bikin essay ga pernah dapet nilai deket ke sempurna, kalo di sini sering.
Plus kalo di indonesia murid harus kuasain semua pelajaran di saat guru gurunya belum tentu nguasain semua pelajaran. Kalo di jerman ga harus. Its fine to be good at some things and not too good at other things.
Jam belajar di sini pun lebih manusiawi dari jam belajar di indonesia. 😋

View more

ceritain pengalaman romantis kmu bareng pacar

Maaf lagi gak kepikiran cerita romantis, tapi ada satu perkataan yang agak serem dengernya kayak posesif dan mungkin udah familiar banget tapi sebenernya romantis:
"Orang akan diingat ketika dia dicintai atau justru dibenci. Kalo emang gua gak bisa bikin lu cinta gua, biar gua buat lu sebenci-bencinya sama gua. Supaya lu gak akan lupa sama gua."
Sigh.

View more

Abang gmana rasanya puasa di jerman?

Ini kali kedua gua puasa disini. Alhamdulillah ramadan tahun ini gak separah tahun lalu sih. Gua puasa dari jam 2an pagi sampe jam 9an malem. Kalo gak kuat yaaaa sudahlah, tapi selalu diusahain kuat hehe.
Ketika cuacanya hot, tapi bule bule di jalan lebih hot lagi. Ketika baru buka puasa gak kerasa udah sahur lagi aja. Ketika satu rumah sama mereka yang gak puasa terus dengan polosnya masuk kamar gua sambil makan. Ketika gua pikir temen gua puasa, taunya masuk kamar minum dan ngerokok juga. Indahnya berpuasa di eropa.

View more

Mengapa kamu percaya bahwa kuliah akan membantu kamu mencapai tujuan di masa depan?

Karena di dalam kuliah ada tanggungjawab yang harus dilakukan secara konsisten. Kalo gua bisa selesaiin kuliah berarti gua berhasil melakukan tanggungjawab secara konsisten.
Buat mencapai tujuan di masa depan butuh konsistensi kan? :)
Dan menurut gua bukan cuma kuliah, apapun yang kita lakukan kalo disertai tanggungjawab dan konsistensi pasti membentuk karakter kita. Dengan demikian kita selangkah maju ke mimpi kita.
Ga lucu kalo kita bisa mencapai mimpi tapi ga punya karakter yang bisa sustain kita hidup di mimpi kita.

View more

+1 answer Read more

Kk dulu ngeyakinin ortu gmna?

Hadeh gimana ya? Bingung juga gimana orang tua gua bisa ngelepas anaknya yang masih unyu ini sendirian di negeri orang. Hahaha
Tapi kalo untuk rokok, alkohol, narkotika gitu orang tua udah yakin gua gak bakal make yang kayak gitu. Kenapa?
Alkohol: aelah gua minum soda aja bisa sampe sakit, apalagi minum alkohol.
Rokok: gua gak kuat sama asap dan gak suka. Dulu pernah nyoba sekali sedot. Besoknya gua terkapar di kamar. Demam. Pernah nyoba sisha yang katanya ringan dan aman, 2 jam setelahnya gua muntah-muntah.
Narkotika: beneran gak berani sih gua kalo ini. Terus gua juga takut jarum suntik, gimana mau nyoba narkotika yang jenis suntik.
Jadi, sebenernya orang tua gua sendiri itu tipe orang tua yang ngebiarin anaknya menjalani trial and error dalam hidup. Jadi, mereka cuma ngasih tau diawal doang. Kalo gak nurut biasanya bakal terjadi error. Nah, begitu udah error dan gua mulai sadar itu bener-bener gak baik, orang tua datang menyelamatkan, meluruskan gua lagi. Biasanya mereka bakal bilang "gimana mas? Ndak enak to kayak gitu? Nyesel kan?". Dan gua juga berusaha belajar dari ke-error-an gua yang sebelumnya.
Mungkin dari situ mereka menilai gua kayak gimana.

View more

+1 answer in: “Gmna ya kak aku pengin kuliah keluar tp orgtua gk setuju. Alesan nya mereka tkt aku kebawa pergaulan luar yg bebas, trus aku ngelakuin yg jelek2 kyk rokok alkohol narkoba. Gmna ya buat yakinin mereka”

Kenapa suka kuliah di jerman ka?

Hm,
Kalo dibilang suka sih gak juga. Awalnya aku bisa kesini juga mikir-mikir dulu. Tapi akhirnya mau karena memang disini punha kualitas bagus di bidang pendidikan. Kalo soal suka apa engga-nya sih, jujur aku lebih suka kuliah disini karena pengalaman yang didapet juga lebih banyak daripada di indonesia (menurutku lho ya).
Pengalaman itu sendiri pasti dibarengi sama kesusahannya tersendiri, dan itu yang kadang bikin kita capek kuliah disini. Mungkin kalian mikir "di indonesia juga banyak kesusahannya kali". Iya sih emang yang namanya kuliah dimana-mana juga gak ada yang gampang. Tapi yang aku dapet disini itu kesusahannya 'lebih'. Lebihnya itu :
1. Bahasanya harus dipelajari bener-bener.
2. Perpanjang visa disini lebih mengerikan dari ujian semester.
3. Nyari rumah. Beruntung kalo bisa dapet rumah bagus tapi murah.
4. Salah ini denda, salah itu denda. dll.
Tapi, satu hal nih ya. Aku bukannya suka kuliah disini, tapi lebih ke bersyukur bisa kuliah disini. Jadi, dimanapun kalian kuliah atau kerja atau apapun itu yang kalian jalanin sekarang, jalanin aja dan jangan lupa berdoa biar semuanya lancar. 😉

View more

Apa pelajaran paling berharga yang pernah kamu pelajari dari sebuah kesalahan/kegagalan? .-.

Waktu gagal gua sadar kalo gua masih bisa menikmati hidup. Gagal bukan akhir dari sesuatu. Kalo gagal berkali-kali pun kita masih bisa berhasil kalo mau coba lagi.
Basically, failing doesnt make human a failure. Failure isnt us, its just something we are capable of doing. Failure isnt a big deal as long as we have a big heart to accept and carry on.

View more

Kalo suruh pilih seandainya kita lolos di stan dan dapet beasiswa ke luar negri kakak bakalan pilih mana

Septi Andriyani
Ikutin kata hati. Gak deng, pertimbangin aja dulu kelebihan sama kekurangannya. Kamu pertimbangin mateng-mateng kedepannya mau ngapain, dari situ kamu bisa milih mau ambil beasiswa atau ambil di STAN.
Tapi kalo aku ada di posisi kamu, aku lebih milih ambil beasiswa. Pengalamannya lebih banyak. Mungkin di STAN begitu lulus emang udah terjamin kerja, tapi karirnya ya gitu gitu aja standar tanpa pengalaman lebih, itu menurutku. Jangan diikutin karena kondisi kita beda dan jurusan yang mau diambil juga belum tentu sama.

View more

+1 answer in: “Kak mau tanya nih”

apakah wanita harus selalu mengungkapkan perasaannya?

Di masyarakat kita wanita itu bunga, laki-laki itu lebah. Bunga mah diem, lebah yang berjuang nyari. Tapi, bunga tentu butuh proses penyerbukan. Lebah pasti butuh nektar, ada saatnya bunga harus bilang ke lebah, ada saatnya pula lebah bilang ke bunga. Jadi, kalau kamu butuh penyerbukan, gak ada salahnya bilang ke lebah. Tapi akan sakit apabila lebah nyari nektar di tempat lain. Dan akan tabu kedengerannya ketika bunga nyari lebah. Mungkin itu nilai di masyarakat yang sulit dikalahkan oleh emansipasi. Kasian juga kalo bunga hanya menunggu, sulit ngomong karena nilai-nilai macam itu. Tapi kalo kamu tanya harus atau tidak, kayaknya gak ada yang harus dan tidak harus. Tapi kamu mau berjuang atau menunggu? Itu dua peran yang perlu juga diemban si bunga. Karena e karena bicara dan bertindak itu pintu dunia.
Lalu pertanyaanku berani atau tidak? Berjuang (sambil bilang, "bang serbuki aku bang") 😂

View more

kak kan sekolah di jerman, langkahnya gmna ya kak dari awal hehe mkasih

1. Buat rekening di Deutsche Bank aku dulu deposit 8600€
2. Daftar Sprachschule disini, bagusnya yang punya uni/hochschule.
3. Translate ijazah SMA ke penerjemah tersumpah.
4. Kalo udah dapet Sprachschule, cari tempat tinggal disini, bagusnya yang punya uni juga, namanya studentwohnheim.
5. Kalo udah dapet tempat tinggal, baru apply visa pake kontrak Sprachschule tadi sama tempat tinggal.
6. Kalo udah dapet visa, tinggal berangkat.
7. Ujian masuk stk
8. Stk 2 semester
9. Fsp (Ujian masuk uni)

View more

Next