#hh Pernah nggak punya satu pengalaman di hidup kamu yang paling berkesan, nggak bisa dilupain, dan akhirnya merubah kamu menjadi seperti sekarang? Kalau ada, tolong diceritain :)

Ada perasaan kosong yang terus ada sejak Oma gue meninggal. Dulu waktu beliau masih ada, setiap gue pulang sekolah gue ke kamar dia yang dingin itu, dan dia selalu di tempat tidur (beliau nggak bisa jalan karena multiple sclerosis), kalo nggak nonton opera sabun di Star World, dia nonton Hallmark.
Gue ngerasa kayaknya gue sama Oma gue emang punya banyak kesamaan selain selera musik (dia suka musik klasik, opera dan dulu katanya pinter dansa Salsa dan Cha Cha Cha). Kita sama-sama sabar, tapi gak sabaran. Dan waktu gue masih kecil, di mana gue merasa beda dari yang lain di sekolah dan sama keluarga sendiri, gue merasa nyaman dan aman di kamar oma gue. Salah satu kerabat keluarga gue bilang, waktu itu Oma gue bilang ke dia tentang gue, "He is my sun", as in, nama gue, Aditya Pradipta yang artinya 'matahari terang'.
Terus dia meninggal. Terakhir gue ngeliat dia Subuh sebelum dia dibawa ke rumah sakit. Gue masih 9 tahun kayaknya, jadi gue di rumah aja. Kata nyokap gue sebelum dia meninggal dia nyariin gue.
Entah ya, sejak dia meninggal, hawa rumah beda. Banyak tanaman yang mati, yang biasanya dia urus. Tamu-tamu semakin hari semakin sedikit yang dateng, padahal dulu sering ada tante ini lah, oom itu lah, pak ini lah, ibu itu lah, dan setidaknya setahun tuh ada dua kali dia kumpul-kumpul sama temen SD, SMP dan SMAnya, dan mereka walaupun tua-tua, liar-liar lho (dan salah satu alasan kenapa gue setahun sekali ngerayain ulang tahun gue dan ngundang temen-temen gue dari yang lama sampai yang baru). Rumah jadi kayak kosong, begitu, walaupun keluarga banyak, pembantu banyak, peliharaan banyak (jin juga banyak :p).
Sampe sekarang gue belom pernah nemuin siapapun yang gue bener-bener ngerasa nyaman kalo berada di sekitarnya. Gue ngerasa, beberapa saat di hidup gue gak bakal sesepi atau sesedih itu kalo misalnya hari ini dia masih ada.
But, eh. Non, je ne regrette rien.