menurut Anda, apakah kasus pemerkosaan adalah sepenuhnya salah wanita karena berpakaian (lumayan) terbuka?

Pemerkosaan adalah salah sang pemerkosa. Titik. Wanita tidak diperkosa karena pakaiannya. Liat aja deh di Arab Saudi, wanita di sana pakaiannya kayak gimana? Tapi masih banyak kasus pemerkosaan kan? Baju mau gimana juga kan bisa dilepaskan.
Memang betul berpakaian terbuka itu provokatif, tapi dalam skala tertentu. Menurut gue sih, nggak ada salahnya berpakaian dalam cara tertentu (walaupun gue sendiri agak nggak enak ngeliat pakaian yang terbuka karena nilai-nilai yang udah terlanjur terinternalisasi di dalam diri gue), namun, mengetahui bahwa Indonesia (ataupun, bahkan, negara 'semaju' Amerika) belum bisa menerima kebebasan hak dengan baik, menurut gue sih, ya...try to be a little modest for your own safety, as much as I hate to have an opinion that tells people what they SHOULD do when they dress. Dalam tempat yang tertutup, ya...mungkin bisa lebih diterima, tapi di tempat umum...that's a bit risky.
Tapi gue tetep bertahan kepada inti tadi. Wanita tidak diperkosa karena pakaiannya. Tidak ada korban pemerkosaan, mau dia perempuan atau laki-laki atau apa, yang berhak disalahkan. Dan sudah waktunya bagi masyarakat Indonesia secara umum untuk menyadari hal tersebut.