Ask @adrrachel_:

mending nilai bagus hasil nyontek atau pas-pasan hasil sendiri? jujur ya^^

saya pernah nyontek. hasilnya dibagiin, bagus. tapi hati tuh kaya yg gimana gitu. malu ke diri sendiri, malu ke temen2 (walau mngkn mereka ga tau klo saya nyontek), malu ke Tuhan, mikir dosa ntar diminta pertanggung jawaban di akhirat, ga enak ke diri sendiri, ga enak ke guru, ga enak ke ortu yg udh bangga2 hasilnya bagus. tp kita tau, klo itu hasil dri cara ga bagus.
segitunya? ya gatau jg, emg itu yg saya rasakan haha
jadi, klo boleh muter waktu, bakal belajar yg bener, hasilnya kaya gimana serahin sama yang diatas, yg penting dh ada usaha belajar, dan ga nyontek. usaha ga akan ngehianati hasil.
saya udh nerapin ini waktu kelas 10, karena gamau "rasa bersalah" sebelumnya terus menghantui saya. walau hasilnya pas-pasan, tp ada rasa bahagia, seneng karena itu pure dari otak sendiri, hati juga lebih tenang, dan lebih bisa bersyukur.
semangat ya hehe

View more

gimana reaksi km kalo misalnya ada temen km yg keliatannya adem ayem, gak pernah cerita masalah dan selalu bilang gak kenapa-napa, selalu ketawa tapi tiba-tiba minta anterin km buat ke psikolog? km bakal anggap dia gila terus bilang ke semua orang, km bakal ngejauh, atau km tetep jadi temen dia?

frxrnjn
tetep temenin si. karena jatuhnya, dia butuh tmn di sekitarnya, buat nemenin dia, siapatau kamu scr ga langsung bisa ngehibur dia kan, walau km ga perna denger dia cerita masalahnya sekalipun.
sebenernya aku jg penasaran, krn aku jg puny tmn kek gini. jarang ngeluh, selalu dengeri curhatanku. pokokny kek gada beban gt.
pernah suatu saat, aku paksa dia buat cerita ke aku kalo ada masalah, siapatau aku bisa dengerin, atau setidaknya ngasi saran. tp dianya kek gamau gtu, mngkn lebih ke tipe mendem masalah sendirian. bahkan smp skr kita beda SMA pun, dia jarang bgt curhat masalah2 pribadinya.
jdi, mau dia minta anter ke psikolog pun, ya aku bakal mau, mau periksa juga di psikolog T_T kayanya aku sakit mental juga deh.
ke psikolog bukan berarti pasien tsb gila. bnyk remaja ke psikolog karena kesehatan mental mrk terganggu, mereka ga bisa ambil jalan keluar sendiri dlm masalahnya (entah krn keluarga, pasangan, temen, sekolah) makanya dtng lngsg ke ahlinya.
gausa bilang ke semua orang. itu masalah tmn km, yg berhak nyebar masalah pribadi tmn km ya cuma tmn km, km gaada hak. ntar jatuhnya gibah, ga baik malah nambah dosa. mending langsung support aja didepannya
hehe peace

View more

Jd aku lagi berantem sama pacar aku kayaknya dia mau putus gitu. Terus kata dia "Yaudah kamu besok kesini kita obrolin tapi nginep" aku bingung soalnya dia gapernah ngajak nginep2 gitu, takut. trs aku jawab "kalau ga nginep gimana?" kata dia "terserah" lalu darisana chat aku gadijawab lg,aku hrs gmn

Dih mending gausa samperin deh kak klo disuru nginep2 gitu. Takutnya ada apa2. Mau sebaik apapun pacar kakak, dia juga manusia, bisa khilaf.
Atau nggak, paksa aja ketemuan tapi jangan dirumah dia, dianya juga bilang terserah kan, pasti mau klo ke tempat lain, ajak temen juga buat jaga2. Bahaya tau dari kata2nya, apalagi sebelumnya dia gaperna ngajak nginep.
Stay safe kak, semoga cepet kelar.

View more

Pernah berfikir untuk menikah di usia muda?

Joshua Nicholas R.
Nah ini nih baru aku mau tanyain. Kenapa ya orang2, khususnya anak2 muda pada pengen nikah muda? Apalagi mereka yg baru lulus SMA. Kek, kenapa kok buru2 bgt? Apakah sudah siap scr finansial utk makanin anak orang, atau ada faktor lain? Oh atau mungkin mereka ada pekerjaan sampingan (kaya olshop) gitu ya utk biaya hidup.
Dan lagi, apakah tidak ingin berkarir dulu? Ya, aku gatau si mungkin bisa ya setelah nikah, sambil berkarir. Tapi gimana nih? Mungkin kak josh, atau temen2 yg lain ada pandangan tersendiri utk jawab pertanyaan ku ini, wkwk
Klo akunya, nggak kepikiran sama sekali. Malah aku sempet mikir gamau nikah aja. Krn aku nyaman sendiri, apa2 sendiri (mungkin krn aku anak pertama😭) jdi ga mikir mau nikah2an, juga aku mau fokus ke cita2 dan berkarir dulu. Tp namanya manusia pasti ngerasa sepi ya, but now is not the time to think about being alone. Because I still have parents and family to be part of my success. Gituu hehe

View more

'Terkadang orang tua sendiri lah yang mematahkan mimpi anaknya' Bener gak sih ini? Menurut gw relate, karna gw sekarang lagi ngerasain ini 😞

Aleeyah Patriat Adulkittiporn
Iya bener bgt
Ayo kita harus semangat, buktikan ke mereka klo sebenernya kita mampu dan bisa gapai mimpi2 kita yg menurut mereka ga bagus/kurang dirasa ga cocok/mereka kira mimpi kita bakal menyulitkan kita nantinya, padahal sebenernya that's very worth dan kalo kitanya niat juga mau sesusah apapun, it'll be pass 😂

View more

Coba aja kalo psikologis aku gak kuat mungkin aku udah stres coba aja iman ku gak kuat mungkin aku udah bunuh diri hmm semua hidup emang berat tapi aku yakin Allah swt tak akan menguji hambanya di luar kemampuanya:)

Saya suka gayamuu
Bener banget. Ini semua bukan tentang diri sendiri. Masi ada orang tua yang nunggu untuk dibahagiakan oleh kita, anak2nya
Tetap semangat kak👍🏻✨

View more

Marcel Ngapain si lo masih aja ganggu gue, berjuang juga gak! Jdi cowo2 pada mundur dktin gue gara2 lo? Bisa gak sih lo itu gausah jadi penghalang jodoh gue.Udh jd penghalang, nyusahin hidup gue, gara2 lo gue jd diajuhi banyak cowo! Padahal gue lagi butuh & cari yg terbaik & itu semua gak ada di lo.

Hayo marcel ngamuk nih yg dideketin
Jangan jadi ✨b e b a n✨ orang lain ya marcel
uP5

View more

Pendapat kalian tentang cowo yg tb2 ghosting (tiba2 ngilang gtu aja, ga bales chat) tuh gimana? Padahal dia gebetan kita tp tb2 ilang tanpa kejelasan. Chat aku udh ga di bales satu hari, kata temen ku tandanya dia udh gamau lg tp knp ga bilang gtu loh malah ilang gtu aja, pdhl on ig😔

Hm apa ya
Klo kata temen cowokku. Cowo pas pdkt itu. Yg di chat ga cuma 1. Kasarannya kek dipilih yg menurut mereka nyaman gitu
Jdi jangan heran klo kmu di ghosting. Atau kamu deket sm dia, tp minggu depannya dia pacaran sm yg lain. Semangat kak, pasti bisa move on👍🏻

View more

Next