Ask @eninomiya:

Apa hadiah yang paling berarti yang pernah kamu terima?

Pertanyaannya pas banget nih sama kuisnya @romeogadungan & @alaineany :)
Biar dapet hadiah :)
Menjadi guru ato pendidik itu merupakan salah satu cita-cita yang paling aku hindari. Bukan karena aku gak suka sama guru-guru ato apa, aku cuma takut karma aja. Soalnya aku tuh terbilang sadis. Waktu SMA, ketika WaKaSek bagian Kurikulum nanya pendapatku soal guru sebuah mata pelajaran, aku bilang guru itu gak enak cara ngajarnya, gak ngerti penjelasannya, gak masuk di otak, dll. Gak lama kemudian guru itu diganti sama yang lain. Dan itu kejadiannya sampe dua kali.
Suatu saat, karena sesuatu hal, jadilah aku seorang guru/ pendidik di pendidikan pra sekolah, tepatnya di PAUD.
Dasar dari PAUD itu katanya pendidikan karakter. Biar kalo mereka dah gede, gak kayak para pejabat-pejabat sekarang, karakternya rusak.
Karena itu, aku juga ngajarin nilai-nilai agama sama para anak didikku.
Suatu hari, ketika circle time, aku menyebutkan Rukun-rukun Iman kepada anak-anak.
Seorang anak bertanya, apa itu Hari Kiamat?
Aku pun menerangkannya sebisaku. Padahal perasaan aku ngejelasinnya sesederhana mungkin, tapi ketika aku belum selesai bicara, anak yang tadi sedikit demi sedikit menggeser tempat duduknya mendekati tas milik dia. Dan ketika dia sudah dekat, buru-buru dia meraih tasnya dan kabur menuju ibunya karena ketakutan.
Sebagai seorang guru, aku merasa gagal.
Mungkin kalo di PAUD ku ada wakasek kurikulum dan bertanya pada anak itu pendapatnya tentang aku, kayaknya besoknya aku udah gak ngajar lagi di situ :(

View more

Nice drawing.

Haha, thx!
Sebenernya aku gak pernah sih ngajarin anakku buat gambar secara langsung.
Biasanya kalo lagi di kelas, aku ngajarin step-step gambar sama anak2 laen, anakku yang kayak cuek gitu asik sama maenannya sendiri.
Taunya pas di rumah dia bisa gambar sendiri, ternyata waktu di kelas itu dia merhatiin :)
Aku juga aslinya gak bisa gambar sih, cuman karna tuntutan pekerjaan (yaelah pekerjaan, kayak yg digaji aja) akhirnya aku search di youtube tutorial2 drawing for kids gitu.
Biar mereka kalo disuruh gambar gak melulu gambar gunung+matahari+sawah :D

View more

Apa yang harus ada di kota yang sempurna?

Suatu siang di minimarket, aku lagi nyari sabun mandi buat anakku.
Di sebelahku seorang bapak-bapak nanya ke pelayan toko "Neng emang ada ya pemutih penis?"
Aku yang nguping dari samping langsung "Hah?" gitu dalam hati.
Si Mbak pramuniaganya tampak bengong.
Si bapak buru2 koreksi karena ngerasa ada yang salah "Pemutih merk Penis"
Mbak pramuniaga langsung ngeh "Sebelah sini pak"
Aku juga langsung "Oh, Vanish" dalam hati. Lega
Baru nyadar ternyata lidah orang Sunda bahaya juga ya >.<

View more

Apa yang kamu lakukan jika melihat seseorang sedang mengutil?

Bukan mengutil sih, tapi percobaan perampokan.
Pada zaman dahulu, zaman masih kuliah, aku biasa naek angkot 4 kali, pulang pergi jadi 8 kali naek angkot saking jauhnya.
Suatu hari pulang kuliah di angkot yang cuma berisikan aku, satu orang mahasiswi yang duduk di depanku (aku duduk di kursi pendek, berarti dia duduk di kursi panjang), sopir dan seorang lagi penumpang yang duduk di samping sopir, naiklah seorang ibu-ibu yang sepertinya mau ke pengajian tapi perhiasannya macam toko mas berjalan. Dia duduk di samping si mahasiswi. Gak lama, naik bapak2, usianya sekitar 45 tahunan. Pake kaos oblong, celana tiga perempat. Bapak itu memintaku geser tempat duduk. Aku yang tadinya duduk deket pintu akhirnya geser ke pojok angkot, tapi tetep ngadep depan biar viewnya banyak.
Aku lihat bapak2 itu pegangan ke kusen pintu (?) sebelah atas. Ketika melewati pasar, bapak itu menggerak2an jarinya yang pegangan ke kusen pintu, seperti mengajak seseorang naik. Dan naiklah seorang pria lagi, usianya sedikit lebih muda dari yang pertama, tapi yang ini dandanannya ala-ala mahasiswa.
dia duduk tepat di depanku. Aku langsung yakin mereka temenan. Aku udah ngarep mereka saling ngobrol berisik gitu kayak aku kalo bareng temenku di angkot. Tapi ternyata mereka malah diem2an kayak saling gak kenal.
Selang sekitar 500 meter, si pria pertama kembali menggerakkan jarinya, mengajak seseorang naik, dan naiklah pria ke 3 yang usianya gak jauh beda, tapi yang ini perutnya buncit, badannya agak gede. Dia duduk disamping si ibu toko mas berjalan.
Lagi2 aku ngarep mereka bercengkrama bersenda gurau. Menurut perkiraanku, mereka itu tiga sahabat yang mau mancing bersama di suatu tempat. Tapi lagi2 harapanku tak terwujud, mereka diem2an macem orang pacaran lagi berantem.
Tiba di bunderan, si pria ke-3 tiba2 jatuh, dia kelempar jadi duduk di bawah padahal angkot gak kenceng2 amet jalannya. Dia kayak yg lagi pusing, dia pegangan ke kaki ibu pengajian. Si ibu meringis kesakitan soalnya si pria ke-tiga pegangannya kenceng banget.
Disitu aku mulai agak curiga.
Si mahasiswi langsung turun disana, si pria kembali duduk di jok mobil.
Gak lama dia jatuh lagi, pegangan lagi yang kenceng ke si ibu. Si ibu kesakitan. Pria pertama bilang mungkin pria ketiga itu lagi sakit.
Dari sana aku yakin banget kalo ini rencana perampokan, korbannta si ibu toko mas itu. Aku pun buru2 turun dari angkot. Daripada aku liat peristiwa perampokan tapi aku sendiri gak bisa ngapa2in.
Gak jauh dari tempat aku turun, si ibu juga turun. Kayaknya si ibu juga udah sadar ada yang gak beres, jadi seoertinya usaha perampokan hari itu gagal.
Jadi intinya, kalo liat ada orang mo nyuri/rampok, aku gak bisa ngapa2in, cemen

View more

Akan kamu beri nama apakah binatang peliharaanmu yang pertama/berikutnya?

Dulu ada kucing liar yang gara-gara pernah dikasih makan jadinya menetap di rumah. Aku kasih dia nama Tama, diambil dari nama kucing (dan karakter) di komik Fushigi Yuugi. Eh sama orang rumah dipelrsetin jadi Tamarakan (bahasa sunda: apa aja dimakan).
Beberapa tahun kemudian kucing itu mati karna ada yang ngeracun :(

View more

Mayan, nggak pada dijawab aja.

Tirta
wah malah di ask balik sama tirta.
asyik, mo long answer ah, sekalian ngeluarin unek-unek. haha
Aku suka banget sama personanya Tirta di ask fm, suamiable banget.
Dari semua yg ada di daftar following, menurutku kayaknya baru tirta yang masuk kriteria itu buat para calon istri.
Aku yang udah punya suami aja sampe ngomong gini, apalagi para cewek yang masih nyari jodoh coba, haha
Pasti deh mulai 2 bulanan yang lalu yang ngeflirt tirta meningkat drastis (sebelumnya kayaknya akun ask fm romeogadungan gak seterkenal sekarang).
Cuman sayangnya Tirta bukan tipe2 yang suka ngebales pujian2 n flirting2 gitu. Padahal pasti seru baca gombalan2 para anon buat tirta :D
Aku sebenernya udah lama sih pengen ngeask nyampein kekaguman kayak gini.
cuman takutnya tirta ngerasa serem, ngapain ni ada emak2 aneh kirim ask kayak gitu mana demen banget like2in jawaban dia tengah malem, haha.
belom lagi ntar bakalan dikirimin hate question sama fans2nya. haha
padahal aku suka n kagumnya sama tirta tuh dalam konteks yang berbeda. bukan dalam love mode gitu.
well, mudah2an answeran ini gak bikin salah paham.
mudah2an suamiku gak baca, kalopun baca, mudah2an dia gak cemburu. ah elah, ngapain juga cemburu gara2 ginian doang. *Padahal kalo suamiku dikit aja muji cewek laen, aku langsung ngamuk. haha
yah begitulah, cewek selalu benar.

View more

Menurutmu apa kesalahan cowok yg paling sering dilakukan?

Muhammad Dyas Yaskur
apa ya?
Mau jawab terlalu cuek, tapi masih banyak kok yang suka pedulian.
mau jawab gak peka, tapi masih banyak kok yang peka.
jadi intinya, gak bisa digeneralisasikan.
kelakuan suamiku sampe saat ini kayaknya gak ada sih yang sering diulang-ulang sampe bikin jengkel.
cuman pesen aja buat yang cowok, inget ya ntar kalo dah nikah, istri ma anak itu tanggung jawab kalian, harus nafkahin semampu kalian.
tapi jangan males-malesan kerja trus bilang "segini mampunya". kalo kalian udah berusaha keras baru boleh bilang "segini mampunya".
*belakangan ini lagi sensi masalah ginian

View more

Selain negaramu, negara mana yang terbaik di dunia?

Kayaknya dulu pernah ada pertanyaan sejenis, tapi gakpapa deh, jawab lagi.
Jadi, awalnya aku tuh suka banget sama manga n anime. Denger J-Musik sekedar ost anime doang. Dorama juga yang ada di tayangin di tv swasta doang.
Sampe akhirnya kerja di jakarta, tau yang namanya cosplay dan suka datengin event2 cosplay buat sekedar fotoin cosplayer yang keren2.
Nah suatu hari ada sekelompok cosplayer yang meranin sebuah boyband jepang, bukan ngambil dari anime, manga maupun game.
Kepolah diriku. Sebagus apa sih tu boyben sampe ada yang cosplay jadi mereka?
Nyari info ttg mereka di google n forum. Eh kebetulan fansnya mereka yg di indo tuh baik banget, aku ngerasa nyaman bareng mereka dan akhirnya terjerumuslah ke dunia fandom. Ikutin lagu2 mereka, bangumi, konser, dorama, live performance, iklan, dll.
Aku juga ngikutin beberapa j-musik lain selain boyben itu.
Dorama2 yang lagi hits saat itu ditonton juga.
Nah dari merhatiin manga, anime, dorama, bangumi, dll itu kan sedikit demi sedikit bisa nyimpulin gimana kebiasaan2 orang jepang sana.
Dan terkagum-kagum dengan kebiasaan mereka
- suka bawa bekal makan siang mulai dari anak tk sampe yang udah kerja
- tempatnya pada bersih
- disiplin
- pada biasa naik kendaraan umum ato jalan kaki
- pekerja keras
- rajin
- hidup sehat
- dll, dsb
banyak juga sih kebiasaan jelek mereka
- free sex
- sake
- senioritas kebangetan
- bunuh diri
- dll
tapi tetep aja menurutku jepang tuh negara yang keren banget.
Kalo dibilang terbaik di dunia sih gak bisa juga soalnya tiap negara ada plus minusnya. Menonjol dalam satu hal, dalam hal lainnya kurang.
Jadi menurutku gak ada negara yang terbaik di dunia kecuali nanyanya lebih spesifik. Misalnya terbaik dalam teknologi, terbaik dlm demokrasinya, dll

View more

Next