Ask @farisjihady:

Faris Jihady
Latest answers

Siapakah syaikh pengisi suara murottal quran kesukaanmu?

mahmud khalil al-husari
bandar baleelah
yunus souilass

View more

Bagaimana kamu tahu kalau musim semi sudah tiba?

kalau musim dingin sudah usai

View more

Assalamualaikum,, ustadz ma'had yg ada syaikhohnya yg sudah bersanad di indonesia, kecuali isy karima,dimana lagi ya, apakah antum tau ?

aisyafauzia

tidak tahu

View more

Maksudnya inkari kewajiban seperti apa Ustadz ? Apakah dia langsung dianggap kafir ?

orang yang enggan menunaikan shalat ada beberapa kemungkinan:
1. karena kejahilan (ketidaktahuan) tentang kewajiban shalat, ini kecil kemungkinan terjadi pada orang yang mengaku muslim
2. karena lalai, malas2an. Tahu kewajiban shalat, tapi malas, mungkin ini umumnya kaum muslimin yang tidak shalat karena faktor ini
3. tahu kewajiban shalat, tapi inkar, menganggap shalat tidak wajib. orang seperti ini sama saja mengingkari wahyu yang memerintahkan wajibnya shalat. karena itu bisa terjerumus pada kekufuran.

View more

kirimkan pahala amal sholeh.. kalo bacaan alqur'an bisa termasuk ga ustadz?

termasuk

View more

bagaimana cara mendoakan orang yang sudah meninggal?

mintakan ampun pada Allah, kirimkan pahala amal shaleh dan sedekah untuknya

View more

ustadz bagaimana cara kita yakin dengan pilihan kita? Saya sudah sholat istikharah lalu bermimpi bahwa pilihan saya itu menikah dgn oranglain. lantas apakah harus saya percayai hal tsb? Syukron

istikharah tidak ditentukan oleh mimpi, dan tidak perlu menunggu mimpi. dan istikharah tidak terbatas pada urusan menikah,tapi untuk semua urusan.

istikharah itu jika kita gelisah dalam mengambil keputusan, shalat dua rakaat, berdoa agar Allah arahkan kita pada pilihan yang terbaik, setelah itu ambil keputusan.

View more

Ustadz, saya pernah baca kalau meninggalkan sholat maka dia kafir. Tolong penjelasannya Ustadz. Jazakallah khoyr~

iya, jika dia meninggalkan shalat karena inkari kewajiban, bisa terjebak dalam kekafiran

View more

ustadz, ikhtiar itu gimana sih? definisinya menurut islam gimana? makasih jawabannya

Ikhtiar itu menjalani kehidupan di muka bumi ini yang menyediakan berbagai pilihan jalan hidup, kemudian memilih yang terbaik dari berbagai pilihan sekuat tenaga

View more

Assalamualaikum ustadz, boleh dijelaskan bagaimana hukumnya menulis novel yang tidak berhubungan dengan sihir ataupun tidak mengandung cerita porno ? Apakah penghasilan dari penulis novel dengan kriteria novel yang saya sebutkan diatas halal ?

Waalaikumussalam, halal

View more

kenapa Allah menciptakan ada yang pinter dan yang nggak sepinter itu? yang cepet nyambung dan yang nggak cepet? *posisikan sebagai orang yang di bawah dalam kondisi iri ingin bisa juga dapet kaya yang di atas

Rasulullah saw bersabda:

"اعملوا فكل ميسر لما خلق له"

"beramallah, setiap orang dimudahkan kepada untuknya ia diciptakan"

View more

Assalamu'alaikum Ustadz saya mau tanya, dalam islam sebenernya memperbolehkan foto prewedding tidak? tapi saya pernah melihat berita disalah satu station televisi membahas tentang prewedding katanya boleh asal pria & wanita tidak saling bersentuhan. Nah itu gimana hukumnya tadz?

waalaikumussalam, mendingan post-wedding aja :)

View more

kalau surga bisa buat non muslim gak?

bisa, dengan syarat bersyahadat dulu :)

View more

Tadz, praktek ustadz sewaktu membaca ikhfa' saat bertemu huruf isti'la apakah ghunnahnya tafkhim -beda dari bila ketemu huruf dengan sifat selain isti'la- ?

pengucapan ghunnah saat ikhfa (samarnya) nun sukun/tanwin mengikuti makhraj dan sifat huruf setelah nun sukun/tanwin tersebut, jika tafkhim (tebal) maka mengikuti tafkhim. dan tidak setiap huruf isti'la menjadi sebab bagi ikhfa' nya nun sukun/tanwin.

huruf isti'la ada 7 (خ، ص، ض، غ، ط، ق، ظ) yang menjadi penyebab ikhfa' hanya 5, dua huruf yaitu خ dan غ bukan huruf penyebab ikhfa'.

wallahu a'lam.

View more

Ustadz, bolehkan kita memperbaiki bacaan kita, baik dari segi tajwid, makhorijul huruf dll dengan mencontoh qori'2 dengan sanad tinggi semisal Syaikh Ayman Suwayd atau Syaikh Kurroyim Rajih hanya dengan perantara video atau artikel2 tahsin yang beredar luas di inet,. kan tanpa talaqqi musyafahah,.?

boleh, bahkan dianjurkan, dengan syarat tidak merasa cukup semata-mata dengan itu. tetap harus mendatangi guru dengan tatap muka secara interaktif untuk menguji lurusnya lisan dalam membaca AlQur'an

View more

ustadz sy brada dlm komunitas sosial yg dmana ad laki2 tman komunitas yg suka skali menggoda/jail dgan kata2 yg sring dlontarkan "catik skali hari ini" dll. Dan sy merasah risih ustadz,smpe saat in sikp sy keorng it hny mendengarka sj sgla celotehannya. ustadz bgaimn baiknya sy menyikapi tman sya?

Bersikap tegas, bicara seperluny, jika memungkinkan keluar dari komunitas tersebut

View more

ustadz orang yang bertaqwa kepada Allah SWT itu seperti apa?

"Takut kepada yang Maha Agung, beramal dg kitabNya, ridha dg pemberianNya, dan bersiap utk bertemu dgNya"

[Ali ibn Abi Thalib]

View more

ustadz klu perempuan lebih baik shalat drumah atau dmasjid? mana yang lebih utama

Jika pergi ke masjid dia aman dari fitnah, dan mendapatkan manfaat yang besar seperti: taklim, ceramah, bersosialisasi dg warga, maka itu sangat baik. Jika tidak, di rumah lebih baik.

View more

Ustadz, kalau ada penyakit yang mengganngu orang lain, misal bau badan menyengat, dan sangat susah hilang, apakah sebaiknya tidak sholat jamaah? meningat sangat ingin rutin sholat jamah di masjid, nunggu penyakit bau badan menahunnya selesai dulu tadz? kalau tidak sembuh2 apakah dpt udzur?

Ma'dzur dan ma'juur insyaAllah

View more

perempuan hidup sebagai mahasiswi, dia tinggal di rmh quran, lalu dia memilih untuk tdk mengikuti organisasi yg ada laki2 sama sekali. di era yg seperti ini dia dilema. sedang di jaman dulu, perempuan seperti sayyidah nafisah yang sangat terjaga. hrs gimana sih baiknya? apakah kolot jika sprti it?

Setiap orang mengukur kemaslahatan yang terbaik untuk dirinya. Jika ia merasa wajib bersikap wara' (hati-hati), itu sangat baik selama tidak menghalangi dari kebaikan dan kemaslahatan yang lebih besar

View more

gimana menghadapi pujian? dan menahan diri dari ingin dipuji manusia?

Umar ibn Khattab, ra pernah berkata:

اللهم اجعلني خيرا مما يظنون واغفرلي بما لا يعلمون
Ya Allah, jadikan aku lebih baik dari apa yang mereka sangka, dan ampuni aku pada apa yang mereka tidak ketahui

View more

نصيحة جماعية اتقوا الله :)

جزاك الله خيرا

View more

Ust, selama ini saya mhafal Qur'an krn dorongan dari ibu saya. hingga seringkali rancu dalam tujuan saya, apakah utk mbahagiakan ibu, atau karna Allah..maka ust, apakah sy harus meluruskan niat agar karna Allah sj, atau tdk apa mhafal karna orangtua, sebab kan ridhoLlahu fii ridho walidayn?

Tidak perlu dipertentangkan, birrul walidain adalah perintah Allah

View more

Assalamu'alaimum, tadz, ithbaq syafatain atau bil furjah?,..

وعليكم السلام
بالإطباق. والفرجة عند أهل التحقيق أمر محدث

View more

Loading…

About Faris Jihady:

MA Candidate, Qur'an & Sunnah Studies, King Saud University, Riyadh Saudi Arabia..
Belajar, Berfikir, Merenung
الذكر والفكر

Riyadh - Jakarta