Apa yg membuatmu tetap semangat dalam mengahadapi kenyatan pahit?

Beberapa halnya :
- Mungkin lebih ke dukungan orang sekitar; kaya gue liat temen2 gue, keluarga gue, atau siapapun orang yg ‘ada’ buat gue, itu jd kaya nguatin gue bgt sih.
- liat langitttt, luas bgt cui. Gue jd mikir klo gue gaada apa2 nya, pasti banyak juga orang diluar sana yg punya masalah. Dan kita bisa kuat sama2. Liat langit juga bisa bikin bersyukur bgt masih ada di dunia, karena kita jg gatau kalopun kita udh gaada di dunia, akan seperti apa nanti. Iyakan? Jadi yaudah, lanjutin terus aja journey nya :)
- cari insight, entah itu nonton youtube, baca sesuatu, dan sebagainya.
—Mungkin intinya selalu liat hal-hal yang baik, liat makna nya. Bersyukur. Itusih kayanyaa. Itu kalo gue yaa
Terakhir: hidup itu ga melulu harus manis. Justru akan lebih seimbang kalo ada rasa lain; pahit, asem, pedes hahaa. Begitupun perasaan, ga melulu harus bahagia. Kesedihan, kekecewaan kan juga bagian dari perasaan. Dan dari semua perasaan-perasaan itulah yang membuat kita jadi makin paham, mengerti, dan menghargai akan kehidupan ini.
[Hey, ini pesan buat diriku juga ya. Kalo kamu suatu saat sedang dalam terpuruk, bacalah tulisan ini. Terimakasih sudah bertahan.]

Wah luarbiasa sekasi motivasinya, kira2 nulis ini sedang dalam keeadan pahit atau jurtru lebih parah, kok ngena banget? hahaha

Haha thankyou so much!
Alhamdulillah lagi selalu mencoba memaknai dan menikmati kehidupan. Beberapa waktu lalu, sempet ‘capek’ bgt, yaudah jeda dulu. Bahkan sampe off notif wasap dll. Tapi inget juga, karena masih ada tanggung jawab disana-sini, ya jadinya gamau terlalu berlarut, coba fokus dan menikmati apa yang dijalankan? inget juga sama poin2 yg tadi itu.
Kalo kamu sendiri, gimana keadaannya?