Ask @hammadr:

Bang, ane kemarin gagal ikut sbm gara2 sakit & harus opname. Alhasil, ane terpaksa gap year & nyoba taun dpn. Ane gamau ikut mandiri, taulah biayanya mehong. Sedangkan temen2 ane yg udh dpt PTN, ninggalin ane. Gimana biar ga kesel sm mereka? Dulu mereka sering ane ajarin tapi malah dibales gini

Semua udah ada taqdirnya dari Allah.. Kaya ane dulu, sebelum nikah udah belajar bhs arab dan latian soal utk kuliah ke mesir. Dan masalah rencana kuliah ini termasuk yang ane "jual" biar diterima.. Hehe.. Biar rada ngangkat anak cupu kek ane gitulah.
Nah, tiba di waktu ujian paket c (ane kan ga sekolah, jadi ikutan paket), ternyata baru dikasih tau sama pihak penyelenggara bahwa ane ga bisa ikut ujian karena suatu hal. Otomatis kalo gaada ijazah, ya ga bisa ikutan tes. Sedih banget ane waktu itu. Mana juga udah bilang ke calon dan camer lagi.
Akhirnya ane bilang ke calon ane soal kondisi itu.. Dan rela dah kalo pengen dibatalin juga.. Takutnya malu gitu suaminya kek ane.. Secara kan keluarganya pada keren semua.. Berprestasi..
Eh alhamdulillah dia sama keluarganya ngga masalah dg kondisi ane.. Malah di support.. Akhirnya ane berusaha ngisi waktu itu dg ngerintis usaha.. Alhamdulillah, dari situ malah jadi jalan rizki buat ane sama istri dan insya allah calon anak.. Hehe.. Mohon doanya.
Intinya nih, pokoknya husnuzhon aja dengan taqdir Allah.. Walaupun sekarang ini kita agak sedih, ini wajar.. Gpp.. Tapi tetep harus optimis bahwa insya allah, Allah udah nyiapin sesuatu yang lebih baik..
Setaun ini bisa nte jadiin masa menggembleng supaya jadi orang yang lebih keren.. Semangat ya...

View more

Mohon dijawab ya. Kan katanya kalau 1 langkah anak perempuan keluar rumah tanpa menutup aurat brrti ayahnya 1 langkah pula menuju neraka itu bener ngga? Bagaimana jika ada orang tua yg punya anak perempuan 2, yg satu pakai kerudung jika keluar rumah tetapi yg 1 lagi masih suka lepas pasang kerudung?

Haha.. Ini pertanyaan random atau nggak

View more

Mas mamad, gimana sebenernya hukum salaman sama budhe bulik onty pakdhe paklik om yang bukan mahram tanpa ada syahwat? Keluarga ane ngga begitu 'aware' masalah salaman kek gini. Ane mau cari aman dgn ga salaman, tapi kokkk ntar dibilang "sama keluarga sendiri kok gamau salaman". Gimana nihh..bimbang

Hukumnya haram. Kalau pun terpaksa mesti salaman untuk jaga perasaan yang belum paham, ketika ngelakuin harus tetep ada perasaan berdosa dalam hati dan mohon ampun sama Allah..

View more

Bang kok ane malah jadi was-was sendiri ya gara-gara kejadian di Indo akhir-akhir ini. Apalagi ditambah sama kondisi di Palestina, ane merasa makin nggak tenang. Gimana ya

Doain yang terbaik untuk semua. Kalau kejadian di Indonesia akhir-akhir ini, yang perlu dikhawatirkan bukan isu terornya, tapi efek dari isu itu sendiri. Karena selalu dan selalu, isu ini dipake sama orang-orang liberal dan pengikutnya untuk mojokin orang-orang pergerakan dalam islam.
Sebetulnya, dengan adanya tindakan2 nggak bener dan ngawur gini, secara otomatis asatidzah bakal ngejelasin penyimpangan mereka. Jadi untuk kita-kita ini tugasnya untuk menjelaskan dan menampilkan bahwa islam pergerakan nggak seperti yang dibilang mereka.
Islam pergerakan itu gimana maksudnya? Yang nggak diem-diem bae terhadap masalah umat.
Adapun masalah di Palestina, itu sunatullah yang akan terus berlangsung sampai nanti imam Mahdi datang. Tapi penting juga kita bersikap dalam masalah ini. Sebisa mungkin boikot produk2 mereka atau yang mendukung mereka. Jangan lupa doa juga.

View more

Ane lagi down banget, butuh saran dari org yg lebih ngerti dari ane. 2 minggu lagi ane bakal tes masuk kuliah, jd ane harus belajar banyak & ngulang dari bawah. Tp skrg malah jatuh sakit, ntah gara2 kebanyakan bljr/ terlalu takut ga lolos. Ane sakit padahal materi masih buanyak. Mohon sarannya bang

Ane pernah gini juga, dan kayanya sekarang lagi kaya gini juga 😂.
Pertama, dalam hati kita isi tawakkal dari sekarang. Pastiin selama proses ini, hati kita sudah siap untuk redho dengan apa saja yang Allah kasih.
Kedua, ikhtiar maksimal. Maksimal di sini bukan berarti mati-matian, ya.. Waktu belajar diatur yang baik, tapi jangan lupa refreshingnya. Penting lho, refreshing itu.. Biar nggak stress. Oh iya, ikhtiar di sini jangan diartikan full ikhtiar zhahir ya.. Tapi do'a juga.. Setiap ada waktu mustajab, minta sama Allah supaya diberi yang terbaik.. Semoga sukses ya..

View more

Gimana biar nggak patah semangat & terus khusnuzon sama takdir Allah?

Semua orang kurasa pernah ngerasa yang mungkin lagi kamu rasa sekarang.. Kaya ngerasa nggak sreg gitu ya, sama takdir Allah?
Kalau aku, biasanya nginget2 kejadian di masa lampau, yang mungkin mirip dg yg kualami ketika ngerasa kaya gitu.. Maksudnya sama-sama ngerasa rada nggak paham dg ketentuan Allah yang lagi dijalani..
Kalau ngeliat kejadian sebelum2nya, insya allah dari setiap peristiwa dalam kehidupan itu ada pelajaran yang bisa kita ambil, bahkan ternyata mungkin dibalik peristiwa itu, ada banyak kebaikan untuk kita..

View more

Next