Ask @inahafizha:

Apa yang membuatmu semangat dalam menjalani hidup ini?

Kelak, hidup hanyalah tentang pertemuan-pertemuan yang menunggu berpisah. Percakapan yang terlepas dari mulut dan mampir ke telinga lalu pergi entah ke mana. Segala yang pernah hanyalah pernah, tanpa menoleh ke belakang, waktu terus berjalan dengan gagah berani menuntun takdir.

View more

menurut kamu temen di dunia maya itu apa sih ?

Semakin ke sini, semakin pemilih mau ngobrol sama siapa dan ngobrolin apa. Kenapa?
Ibarat uap. Uap bisa keluar dari suhu yang panas, bisa juga keluar dari suhu yang dingin. Apa uap itu munafik? Tidak. Uap beradaptasi, tak peduli dari mana, suhu panas atau suhu dingin, yang penting mau ke mana, menuju tempat yang buruk atau baik.
Artinya, ketika mengobrol dengan orang lain pada topik tertentu, berhati-hatilah. Terkadang apa yang diobrolkan dengan orang lain, bahkan sahabat bisa menjadi bumerang untuk diri kita sendiri.

View more

Apa yang bisa membuatmu merasa sangat tidak nyaman?

Dipaksa.
Aku memang tidak pandai berkata-kata, berbicara langsung, ceria sana-sini. Aku, butuh waktu. Layaknya orang asing yang harus melakukan adaptasi, terbiasa untuk menghadapi lingkungan baru di depannya, tanpa bayang-bayang masa lalu.
Terkadang hidup itu lucu ya? Penuh paksaan, penuh tuntutan, penuh ambisi. Tapi di samping itu, hidup mempunyai cerita, mempunyai kisah, mempunyai makna, walaupun sementara. Hidup akan lebih bebas bila ditertawakan. Hidup itu sejatinya membebaskan, bukan mengekang, bukan memaksa, apalagi menguasai. Membebaskan dalam artian tertentu, yang mana tidak melebihi kadarnya. Semoga dapat dimengerti.

View more

Gimana caranya agar bisa movon? 😴

Fyi, the last time I had a relationship was back when I was about to enter Senior High School. Almost 4 years ago. Technically, I've been single since then. But I just close with another person, not dating. Sometimes if there is no a status is better than there is a status, isn't it? This is just my opinion. Perkara move on, sudah lewat, sudah basi.

View more

How do you usually spend your Friday evenings?

Kalau gabut kadang baca timeline ASKfm atau Twitter, tapi sekarang mulai agak jarang sih. Barusan baca timeline di Twitter ada yang bilang gini dan aku setuju;
"Saya muslim dan saya tidak pernah diajarkan berjihad dengan bom bunuh diri di negara yang tidak konflik di Indonesia ini. Kalau Anda memang ingin berjihad, silakan daftarkan diri Anda ke jalur Gaza. Mereka menunggu Anda berjihad yang benar dan pintar. Kalau sekarang, sudah salah, bodoh pula."

View more

Kenapa jaman skrg lihat org2 definisi bahagianya dg pasangan y? Sdgkn aku skrg lg sendiri, mls buat pcrn dulu krn pngn fokus ke studi

Ah, ga juga.
Kalau kebanyakan orang mikir definisi bahagianya adalah mempunyai pasangan, kenapa kamu ga mencoba untuk memiliki definisi bahagia yang berbeda? Contohnya definisi bahagiamu adalah segera menuntaskan studimu, misalnya.
Kalau studi selesai dalam waktu yang tepat atau bahkan lebih cepat, itu adalah kepuasan tersendiri. Kamu tau ga, kepuasan diri yang didapat jauh lebih tinggi ketimbang punya pasangan? Kamu benar-benar bisa menikmati bahagianya yang melimpah ruah. Karena saking banyaknya, kamu bisa berbagi ke keluarga, teman, sahabat, bahkan pasanganmu (kalau punya).
Intinya sih ga perlu sedih dan bingung atas definisi bahagianya orang lain. Toh, kamu lagi mengusahakan sesuatu yang membawa manfaat lebih buat kamu.

View more

Satu hal apa yang kamu akan lakukan untuk mengubah dunia?

Nope. Diri sendiri aja belum bener, jadi berusaha mengubah diri sendiri dulu.
Dan aku heran sama cara berpikir sebagian orang yang kenapa ya orang-orang tuh suka berbuat kriminal, berantem, narkobaan, demo anarkis sampai bakar pos polisi? Lah, padahal tidur siang lebih menyenangkan. Ga usah capek-capek mengeluarkan tenaga dan panas-panasan di jalan.

View more

Lagu apa yang menggambarkan harimu saat ini?

"Sekolah diibaratkan seperti taman untuk pelajar. Jangan pernah berhenti belajar karena kehidupan selalu mengajarkan kita hal-hal baru. Terus gali potensi yang ada dalam dirimu sehingga suatu saat nanti akan menghasilkan sebuah karya yang bisa dinikmati oleh banyak orang."
Selamat Hari Pendidikan Nasional - 02 Mei 2018

View more

Gimana kesimpulannya?

Mochammad Ilham
First of all, I'm so sorry to hear what happened to you.
For now, you'll be waiting for her, and still hoping her to come back to you. But sooner or later, you'll relize that what you did was wrong, was stupid. From my opinion, let's just move on, remove her from your life because her's the toxic person in your life. If she really love you, he won't leave you.
Make yourself busy by doing your work or your studies, go out with your good friends, have fun with your families, and enjoy your time! Show her that without her, you can still living your life. You'll get through this, maybe not now but you will. I pray that you'll find your happiness. Take good care of yourself, ok?

View more

+1 answer in: “Curhat yah guys wkwk Aku pacaran uda 3 tahun 1 bln terus aku putus garagara aku salah ngomong " 3 tahun hanya waktu " hbs itu tengkar sampai putus lah aku salah gk kalau nunggu dia soalnya aku uda janji sebagai cowok buat jadiin dia yg terakhir? Kirakira dia ngelupain / balik sama aku tp bth waktu?😟”

Kenapa ya kak sulit ngobatin sakit hati karena kecewa kepada orang aku cintai ?

Karena dirimu salah meletakkan hati.
Kita mencintai orang, tapi lupa kalau orang itu diciptakan. Kita mencintai uang, tapi lupa kalau uang itu diciptakan. Semua yang kita cintai di alam semesta ini merupakan sebuah penciptaan. Betul ga?
Nah pertanyaannya, jika semua yang ada di alam semesta ini diciptakan, kenapa kita justru mencintai dulu yang diciptakan? Kenapa kita tidak mencintai dulu yang menciptakan mereka, Tuhan Semesta Alam Yang Maha Besar, Allah SWT.
Apapun permasalahmu, apapun ujian hidupmu, yuk kembali bersujud kepada-Nya. Untuk menyembah yang menciptakan apa yang kamu cintai tadi. Dengan bersedih, jangan jadikan ini sebagai jalanmu untuk menyebar aib yang kamu cintai tadi, jangan curhat di sosial media untuk meminta pengganti. Tapi mintalah kepada-Nya, sesuatu yang terbaik untukmu.
Lucu ga sih, kalau kita lebih menangisi sesuatu yang diciptakan daripada yang menciptakan? Kenapa kita tidak memberikan diri kita waktu untuk meminta kepada yang menciptakan?
Kalau kita harus merasakan sakit dan kita ga kuat, curhat sama yang menciptakan. Karena sejatinya semua yang ada di dunia ini pasti akan pergi, cepat atau lambat.

View more

kenapa suka hujan?

Karena hujan membawa ketenangan. Karena bau hujan membawa rasa nyaman. Hujan memberi peluang untuk seseorang berhenti sejenak dan berteduh, terkadang hidup ga selalu harus terburu-buru, ada waktunya perhentian. Suara hujan yang berirama membawamu dalam ketenangan, terkadang membuatmu peka dengan suara lain di sekitarmu. Hidup bukan soal menunggu hujan reda, tapi belajar menari di bawah hujan.

View more

Next