Ask @ratnashf:

wahh kenapa kaka pgn bgt ambil sastra?? emg tadinya mau ambil sastra di univ mana kak? Tp kk keren juga bisa bertahan jd anak komunikasi, apalagi ttp semangat bljr buat nyelesain kuliahnya. Smg semangatnya kaka ketular ke aku yaa hhe

Karena emang dari kelas 1 SD aku udah suka matpel Bahasa Inggris, dan udah sejak SMP mulai suka belajar bahasa asing apa aja. Mulai Bahasa Prancis, Bahasa Jerman, Bahasa Jepang. Dan akhirnya sukanya sama Bahasa Jerman (karena insyaAllah mau S-2 di sana hehe) dan Bahasa Prancis (karena bahasanya sexy :p). Jadi aku tuh udah nemu passionku dari SMP sukanya ke mana. Makanya nilai aku lebih condong bagus ke matpel bahasa, dibanding matpel lain (dlm hal ini Bahasa Indonesia aku biasa aja hahaha ?)
Tadinya aku udah daftar Sastra Inggris di Unpak skrg tempat aku kuliah, tp akhirnya disuruh papa pindah ke komunikasi. Dan tahun ini, bulan Mei kemaren ikut SBMPTN dan hamdalah keterima di Sastra Jerman Unesa (googling aja itu Univ dimana :p). Tapi sayangnya ngga diambil karena satu dan lain hal. Jadi aku masih nimbang2 lagi mau ikut SBM lagi apa ngga tahun depan karena emg banyak bgt yg perlu dipertimbangkan kalo sampe keterima lagi.
Sebenernya aku ngga selalu semangat juga. Ada saat dimana aku males juga. tapi ya gak mungkin kan terus2an males di saat tugas masih numpuk. Aamiin semoga kamu semangat selalu ya buat meraih cita-cita! Belajar yang rajin supaya suatu saat kita bisa berkontribusi untuk kemajuan bangsa ini ??

View more

kak, boleh dong cerita kesan pesannya jd anak komunikasi

Wow ini siapa ya kayaknya kenal aku??? ???
Kesannya sih jujur ngga ada wkwkwk. Aku masuk komunikasi karena terpaksa aja untuk memenuhi keinginan papa yg kata beliau aku ngga jelas milih Sastra Inggris buat apa-_- (yes my dad agak kurang terbuka pikirannya, agak masih konservatif), jadi aku ngga suka sama mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini karena kan passion aku di sastra. Di sini tuh aku bingung mau milih penjurusan apa antara Broadcasting, Humas, Jurnalistik sama Manajemen Komunikasi, karena ya balik lagi, aku dasarnya ngga suka jurusan ini ? dan aku bener2 tertatih2 bgt buat lulus di tiap mata kuliahnya dan jangan sampe ada yg gak lulus supaya cepet lulusnya yaAllah udah gak betah sejak smt 1 juga :") doakan aja bisa bertahan sampe akhir atau kalo ngga ya doakan saja aku lulus SBMPTN lagi taun depan di jurusan Sastra, karena aku pgn banget punya gelar S.Hum ???
Pesannya ya udah jalani aja suka dukanya, walaupun banyakan dukanya ya itu yg bikin aku kuat dan jadi alasan aku buat rajin belajar supaya lulus tiap matkulnya dan IP tinggi supaya ngambil matkul smt depan dan cepat wisuda dehhhh hehehe

View more

Enak ya para selebask yang orang tuanya kaya" bisa ngapain aja yang mereka mau liat aja @dorippu @rachelvennya @rezaphlv @MarcoIvanos @PrincessMilk @aninditowisnu @liviazahra @edytamiraj @angga_eighties dan msh banyak lg

b aja ah.
makanya mending elu kerja sana yang rajin.
jangan kebanyakan maen sosmed.
jangan kebanyakan main hape liatin #lifegoals #relationshipgoals atau apapun goals2 ngga jelas.
hidup elu nanti sakit, ngeliat yg kayak begituan mulu tapi elunya kaga berbuat apa2 biar mimpi terwujud.
cih.

View more

Aku setuju sama kamu tentang sistem sbmptn yg harus diubah itu. Huhu.

Febi
wahhhh terima kasih, Febi! ??
aku jawab kayak gitu soalnya ya greget aja gitu ya untuk masuk kampus negeri aja (bahkan yang bukan favorit) itu susah banget.
harus melewati serangkaian tes yg ngga nyambung sama jurusan yg mau kita ambil. like... asdfghjkl ?
dan ini masi pendapat soal SBMPTN.
belum pendapat aku soal PTS yang mahal dan sering dianaktirikan.
emang ini PR banget buat pemerintah Indonesia mau dibawa kayak gimana sistem pendidikan kita... ?

View more

apa hadiah termurah namun memberikan kamu kebahagiaan yang pernah kamu terima?

waktu :)
gue ngga perlu dibelikan sesuatu
gue ngga perlu dibawain ini itu
gue ngga perlu dikasi barang mahal dan mewah
yang gue butuhkan cuma waktu dari seseorang yang gue pengen temuin.
ketika orang yg lu pengen temuin mau/dengan senang hati luangin waktunya buat lu yang padahal cuma buat ngobrol2 santai dan curhat aja, itu aja udah bakal bikin kita bahagia loh.
artinya keberadaan kita dihargai.
dia menghormati kita.
dia mau nyempetin waktunya di tengah2 kesibukan dia cuma untuk ketemu dan sekedar ngobrol ringan sama kita.
dan itu yang dilakukan kak J ke gue :)
dia bukan siapa2 gue
gue yang suka sama dia
tapi setiap gue pengen cerita dan ketemu sama dia, dia selalu bilang "ayo atuh, mau kapan? dimana? nanti kakak dtg"
see?
that's simply makes my heart blooms like flower in spring.
that's simply makes me more and more in love with him.
even though his heart has own by hers,
even though he is not available for now,
even though he loves his girlfriend,
i still love him till unspecified time :)

View more

definisi anak gaul menurut kamu apa? dan maukah kamu jadi anak gaul?

hah??
anak gaul?
apa tuch?
aku sih ndak gaul.
HAHA
nga
ya anak gaul menurut aku sih anak muda yang berpikiran terbuka, selalu mau belajar dari orang lain, membuka diri untuk berteman dengan siapa saja, banyak kegiatan positif dan yg jelas menjauhi diri dari dugem, balapan liar dan narkoba.
haha. maaf yah kalo definisinya cetek ;)

View more

ratna kapan nikah ?

ya allah.......
18 tahun aja belum udah ditanyain ginian??
nanti aja ya.
1. jodohnya belum ada, masi di awang2.
2. masi semester 2, jangankan milih jodoh, judul skripsi aja belum kepikiran, milih konsentrasi jurusan buat semester 4 aja masi labil.
3. belum kerja dan punya penghasilan, nanti anak gw dikasi makan apa??
4. gw belum kelar sarjana, nanti ngga keren di undangan nama gw ngga ada S.Ikom-nya. #ntap

View more

pendapat kamu tentang aku yang belajar piano dengan serius dalam arti untuk masa depan gimana? kalo aku buat youtube channel apakah kamu tertarik untuk lihat?

umm...
aku tuh orangnya ngga pernah sih merendahkan minat dan bakat orang.
kalo kamu memang serius menjadikan bakat kamu bermain piano jadi suatu tumpuan hidup kamu, then go for it!
siapa tau kamu bisa jadi seperti Joey Alexander :3
who knows?
temen SMK aku ada tuh yg bakatnya di bidang seni musik.
spesialisasinya juga piano.
kemaren dia ikutan SBMPTN buat ngejar jurusan pendidikan seni musik.
dia ngga pernah mikirin penilaian orang tentang "buat apa sih seni musik?", "emang nanti mau jadi apa?", "emang musik bisa ngasi makan?", bla bla bla.
yg kayak gitu tuh jadiin aja motivasi.
kalo suatu saat kita bisa lebih dari yg mereka bilang.
.
ngomong2 mengenai kamu buat channel youtube, ya coba aja buat.
jujur sih, aku ngga tertarik untuk liat karena aku ngga ada minat untuk melihat pertunjukkan seni musik
hehehe, maaf
tapi kan penonton kamu bukan cuma aku aja kan.
there are sooo many ppl who have the same interested on watching piano show
jadi ya optimis aja.
good luck! :)

View more

Apa sih 1 hal (boleh lebih) yang kamu rindukan sebagai orang Indonesia supaya "ADA" di Indonesia? Hal-hal apa yang menurut kamu perlu dikembangkan atau diciptakan supaya Indonesia lebih maju? Ada ide? (ex: gojek) kalo bisa tulis detailnya juga boleh. Ps: yang serius ya jawabnya. hehehe

gue mau SBMPTN sistemnya diubah.
ya. itu yg gw mau.
maksudnya, SBMPTN itu tetap ada bagi mereka yg ngga lulus SNMPTN.
T A P I .....
gue pengen SBMPTN itu tesnya bukan lagi tentang pelajaran2 rumpun saintek atau soshum, melainkan tesnya adalah soal2 yang sesuai dengan jurusan yang mereka pilih.
contohnya nih,
gw ngambil jurusan sastra jerman, prancis n inggris
nah gw tuh ditesnya di SBMPTN sama soal2 berbahasa jerman, prancis dan inggris.
wah susah dong rat?
ngga lah.
kenapa?
karena menurut logika gue, yang namanya kita udah milih suatu jurusan, pasti kan sesuai dengan minat, bakat, passion, hati nurani dan kemampuan kita.
nah kalo emang gue dari awal ambil sastra jerman, prancis dan inggris, itu artinya gue suka ketiga bahasa tersebut yang mana salah satunya akan jadi jalan hidup gue.
dengan begitu, gue belajar ketiga bahasa tersebut untuk mempersiapkan SBMPTN dengan senang hati, semangat, merasa gembira dan gak merasa terbebani.
karena ya itu, yg kita pelajari adalah hal yg kita suka untuk mendapatkan apa yg kita suka juga.
ngga kayak skrg,
SBMPTN kan masi dipisah rumpun saintek dan soshum.
misal ada anak yg mau ambil teknik/kedokteran/kelautan, dsb harus belajar materi IPA SMA kan.
padahal sebenernya dia ngga suka tuh salah satu atau dua matpel IPA, sukanya salah satu doang.
otomatis dia bakal merasa terbebani mempelajari hal yg dia ngga suka dulu untuk mendapatkan yg dia suka.
itupun blm tentu dia lulus SBMPTN
karena dari awalnya aja beban kan belajarnya.
ya kalo lu bilang namanya juga perjuangan buat dapetin sesuatu, ya mau ga mau harus lewatin fase yg ngga suka dulu dong
iya memang, benar
cuma gue intinya pengen aja gitu kita nih generasi penerus bangsa udah diarahin minat dan bakatnya kemana
jadi gaada lagi tuh (atau minimal menekan drastis) kasus anak salah jurusan.
entah karena pressure dari ortu, gengsi atau gak kenal passion.
kasian loh anak yg begitu.
karena nantinya dia bisa jadi ngga enjoy dengan hidupnya karena dari awalnya aja gatau mau ke mana.
gitu.

View more

Next