Pernah ngerasa putus Asa gak? Terus apa yang dilakuin biar gak putus asa?

Ann
Putus asa tuh kata yang dalem ya, maksudnya punya makna yang dalem. Mungkin kalau sampe putus asa nggak pernah. Tapi kalau kecewa berkepanjangan yang akhirnya bikin trauma-trauma kecil, pernah. Banyak hal yang bisa dilakukan sebetulnya, tapi yang paling penting adalah bergaul dan membuka pikiran. Menerima pendapat orang lain, berdiskusi dan menyimak berbagai macam pandangan orang lain terhadap satu hal. Nanti pasti ketemu titik cerahnya, ntah dari pemikiran orang lain yang bikin 'nah, bener banget nih', atau justru perjalanan sendiri yang bikin mikir 'ah udah ah, ngapain deh masih aja mikirin ginian' dengan sendirinya. Cuma pesan saya satu, jangan dipaksa untuk segera berlalu. Dinikmati aja, percaya deh yang namanya 'capek sendiri' itu bener adanya.