Ask @snrahmah_ikr:

Nah trs dia blng klo dia sring mndangin ftoku gt, sring nghayal, dicium gjelas gt smpah jijik critainny:( trs ak bilang k dia hpus ftoku! Dia gmau, trs aku doain kan biar mmorinya rusak, eh mlah pas aku ulangthun dia tb2 ngasi hadiah lwt tmnku trs ddalemny tuh ad ftoku, gmn y biar ftoku tuh lenyap:(

Di satu sisi gua bersyukur,sebab klo kga ada kejadian ini.. mngkin lu blm nyadar soal "kudu ati2 upload fto di medsos". Pelajaran juga buat gua dan temen2 yg lain buat lebih ati2.
Yg namanye medsos ye kan sape aje mngkin bisa ngestalk akun kite ato bahkan ngambil2 fto kite kga izin trs dibikin ape segala macem.
Klo lu tanya gimane biar supaya fto lu lenyap di die,. Mmm.. gimana yak,sedih gua tu. Sebab yg namanya berurusan sma manusia rada ribet coy. Kecuali lu bisa ngambil hp nye die. Itu pun blm tentu dia nyimpen cuma di hp itu,bisa jd di gandain dimane2.
Sebaik2nya tempat berserah,kita balikin semuanye ke Allah. Dia lah yg maha ngatur. L mungkin blm bisa buat bujuk die ngapus fto lu ampe ludes,tapi lu kudu inget.. die tu jga makhluknye Allah. Yg bolak balikin hatinye tu Allah.
Oleh krna itu, lu minta pertolongan ke Allah. Niat lu bae non,Allah itu Maha Penolong. Udeh pasti lu ditolongin. Udeh,yakin aje.
Gua juga doain lu dimari. Diluaran sana,juga banyak cwe2 yg ngalemin hal sma seperti lu.
Jgn bosen berdoa ye,mudah2an Allah bukakan hati si cwo itu.
Dan lu kudu inget,ati2 upload fto abis ini.
Jadikan peristiwa ini pelajaran buat lu,. Jgn putus asa minta tolong sma Allah.
.
.
Ok😊
Bismillah biidznillah;)

View more

Assalamualaikum temen2 sy mau cerita, jd ada perempuan yg baru bercadar di tmpat sy, nah disitu y jarang ada yg brcadar cuma 2 org aja. Nah brcadar itu kan biar g menarik prhatian y, tp malah ditmpat sy itu, pda heran trs pda jd sorotan pd di buat omong2an gtu itu gmn y? Salah prmpuan itu/org2?

W. Salaam
Salah sape yak wkwk..
Gini non,kite idup di akhir zaman. Anggepannye.. Orang yg ngejalanin sunnah,kaya asing. Tapi klo ecek2,sunnah ditinggalin bahkan kga kenal,justru punya banyak temen;kga terasing.
Di kasus ini,hampir tiap tempat juga begitu. Di tmpat gua juga.
Salah sape ? Kga ada yg salah.
1. Die becadar supaya kga menarik perhatian. Betul. Menarik perhatian disini dlm hal "berhias,pake aksesoris segala macem,makeup an blblabla..".
2. Org yg ngomongin,salah kah ? Menurut gua kga. Mereka ngomongin,sebab kurangnya pemahaman ttg syariat. Jgn disalahin. Maka perlu pemaparan,perlu interaksi antara si cwe ini dgn orang2. Yaa nyantai aje crita2 ttg cadar,cuma jgn ngegas ye. Karna yg namanya manusia,beda2 ye kan. Ada yg tau ttg syariat,ya die biase aje. Ada yg blm tau syariat,die ngomongin.
Kga usah mreka dah,kite aje.. kite jga awalnya kga tau ape2
"Wallahu akhrajakum mim butuuni ummahaatikum laa ta'lamuuna syai aaa.."
Kite brojol,boro2 udeh bisa ngitung atu tambah atu.. makan aje blm bisa ye kan.
Maka dari itu di akhir ayat "wa ja ala lakumus sam'a wal abshaara wal af idah. Qoliilam maa tasykuruun."
Allah kasi telinga buat bisa denger,mata buat ngeliat,trs dikasih ati. Naah salah satu bentuk rasa syukur kite thd panca indera yg Allah kasih adalah kite gunain di jalan kebaikan. Denger yg bae2,liat yg bae2. Belajar. Trmasuk soal syariat,soal cadar..
Doain mereka yg masih blm faham ttg cadar. Seiring berjalannye waktu jga bakal fine2 aje😊
Sebenrnya itu juga bagian dari ujian yg allah kasih buat org yg beriman. Cek al ankabut ayat 2-3 yaa;)
.
.
Have a nice day anon🍃

View more

Gimana sih cara kalian membiasakan diri supaya istiqomah setiap harinya tilawah dan mentadabburi al quran? Dan menurut kalian supaya bisa rutin tilawah dan tadabbur itu brp halaman per hari? Syukron☺

Btw si anon send to all keknya😂 @Maulindafitriar maaf gua jawabnye dimari,di kolom punya lu kga bisa ngomong bnyak barusan gua coba 😅
.
Keistiqomahan itu ada pada diri tiap orang. Tapi knpa kadang ada org yg blm bisa istiqomah.. Karna dia blm menemukan keistiqomahan dlm dirinya.
Udeh menjadi bagian dri sifat manusia kali ye.. punya amalan dikit,serasa cetek. Trs tertarik buat nambah,eh malah kga istiqomah. "Capek dah,kebanyakan,bosen,ngantuk blblbla.." 😅
Istiqomah itu jga didasari dgn niat. Yg dikerjain kga mesti berat,kga mesti banyak,kga mesti bejibun. Dikit aje dulu,pelan.. tapi pasti. Kuncinye disitu. Kite kudu bisa ngalahin ego.
Karna ketika kita ngerjain suatu kebaikan,misal.. ngaji,tadabbur quran,ngafal quran.. itu kan nilainye gede tuh apelagi sehari misal berapaan juz.. Tau kan sma makhluk yg suka ngebangkan ? Suka godain manusia ? Nah iye,syaithan. Die kga bakal tinggal diem,die bakal trs ngegoda kite. Termasuk dlm hal istiqomah. Jalannya lewat ape.. lewat ego kite.
Tilawah sma tadabbur 1 lembar serasa dikit bgt. Kga puas.. tambah lagi 10 lembar,masih dikit tambah lagi 10 lmbar. Eeeh pas besoknye ngerasa bosen,kebanyakan.. kurangin dah nyisa jdi setengah lembar doang. Ada yg begitu ? 😂
.
Naah.. maka salah satu solusi yg paaling ampuh adalah membiasakan diri dgn apa yg kita kerjakan. Yg kita cari itu keistiqomahan,bkn seberapa banyaknya kita lakuin amalan. Ga mesti berlembar2,cukup sesuai kemampuan. Kita seneng ngelakuin,kga ada keluhan,adem2 aje,kga ngerasa kebanyakan. Maka disitulah akan timbul keistiqomahan dan rasa cinta thd apa yg kita kerjakan. Klo banyak2,tapi ujung2nya ngeluh.. wah kga boleh ye.
.
.
.
Cukup sekian 😪

View more

Gimana caranya nyatain perasaan suka ke cowok?

Nyatainnye mending lewat doa aje. Kite sbg cwe jga kudu bisa nahan. Perlu dipikirin mateng2.. Apakah sebeneranya rasa suka itu bener2 rasa suka ? Yakin bakal bisa mempertanggung jawabin semuanya ga ? Klo sekedar cinta monyet2an mending hindarin.. dri pd ujung2nye nyesel kit ati kan kga enak wkwk
.
.
Islam ngatur semuanye,termasuk soal perasaan.

View more

Assalamualaikum. Pengen nanya, kan aku sekarang kelas 2 SMA, nah tahun dpan aku udh lulus. Aku itu pengen mondok tapi juga tetep sekolah di SMA. Trus aku udh minta petunjuk sm Allahh, aku udah yakin mau mondok. Tapi syangnya sm pihak keluarga ndk boleh, gmn minta ijinnya biar dapat ridho mondok?

Wa alaikumus salaam
Duh maaf bgt baru bisa ngeans,baru aktif soalnye..
Apa yg lu rasain,pernah gua rasain. Bhkan bnykk org diluar sana yg juga pernah ngerasain. Lu ga sendiri.
Dari apa yg pernah gua alami,nangis.. sering. Jejeritan,sering.. Ah udeh pokoknye dah ah. Ini ati yakin pengen mondok,tapi ko ortu begitu bgt.
Oke,dri situ gua mncoba ikhlas. Jalanin dulu ape yg bisa dijalanin. Dan lu juga hrs bisa belajar ikhlas. Barangkali ini memang udeh ktetapan buat lu. Semuanye allah yg ngatur. Kun,fayakun.. coba buat bersyukur. Sebab apapun yg menurut kite kga enak,itu sebab kite tidak bersyukur. Semua terasa indah,enak,nyaman..ketika kjta ikhlas menerima semuanye dibarengi pula dgn bersyukur.
Terlepas dari fase2 anak kecilnye gua wktu itu.. skrg gua baru nyadar,ini lah sebagian dri perjalann hidup buat gua yg udeh allah gariskan. U know,dulu gua pen mlndok stlah SMP tp krna ga diizinin malah masuk SMA. Pas masuk SMA,gua belajar bnyak disini.. di dalam idup kita psti akan ditemuin sma yg namanya asem manisnye perjuangan,klo ga skolah SMA.. mngkin gua gaakan belajar hal yg ga bisa gua bayangkan sblmnye.
Guru gua prnah ngomong begini "Sekolah SMA atopun pesantren,smuanye sama. Kmu mmg skolh SMA,tp tidak mnutup kmungkinn untuk bersikap layaknya seorang santri. Jadilah intan,walaupun dia trdpt di dlm lumpur sekalipun,dia ttp keliatan bersinar."
Ini bagian dri semangat gua buat jalanin terus dan terus..
Buat elu non,awali dgn jgn bosen2 minta izin. Klo akhirnye ttp kga diizinin,jgn ngelawan. Patuh,ikhlas,bersyukur,jalanin.. bbrpa saat kemudian lu bakal nemuin hal menakjubkan yg udeh Allah takdirkan. Find it.
Sekian dari gue❤

View more

Emang kalo cewe gendut tuh ngga ada yg ngedeketin(pdkt)?

Ketauan itu cwo mandang dari fisik doang. Cwe jgn melulu ngikutin harus begini begitu,diet sgla macem demi badan bagus. Badan bagusnye buat ape ? Buat keliatan blablabla depan cwo,biar bnyak yg ngedeketin. Jiaaahhhh... 😆
Kulit yg awalnye kenceng,tua ntar bakal keriput.
Yg tadinya punya gigi rapet,pas udeh tua eh nyisa atu doang
Yg tadinye badan kuat fisik sehat,pas udeh tua mulai melemah
Daaaan masih bnyak lagi.
.
Apalagi endut doang kga ada ngedeketin. Yailah cwooo.. cwo. Kite sbg cwe kudu bisa mikir nyampe ke akar2. Apa pentingnya banyak yg ngedeketin klo cuma ada maunye doang 😝

View more

Pernah menangis di depan orang tua? Bagaimana rasanya?

BungaFA
Pernah dong wkwk..
Terkadang ada hal yg perluuuu bgt dikomunikasikan dg orang tua. Dan gua orgnye klo bisa ape aje kudu gua omongin. "Mah,aku pengen bgini. Bah aku pengen begini,ga mau begitu blablabal.."
U know kenapa kadang ada anak sma org tua yg selalu berantem ? Sebab kurangnye komunikasi. Menyampaikan pendapat itu perlu,sebab kadang ada aja yg klo mnurut ortu A,kitanya ga cocok atau sebaliknya.
Gua pernah pnya keinginan (bukan barang,sorry hehe).. tapi cuma gua pendem sendiri. Duh kga enak ngerem diati sendiri. Serasa gabisa gerak. Maka dari itu gua keluarin,gua omongin. Ortu rada ga setuju. Bahkan berkali2 gua ngomlng,ortu kaya yah begitu lah ya... akhirnya gua smpe nangis2 depan mereka,gua ungkapin alesan gua yg 637393763329% itu ke mereka. Dan akhirnya jadilah sperti skrg.
Hohoho...
Apapun itu,klo bisa ungkapin ya ungkapin aja ke ortu. Sebab ridho mereka,ridhonya Allah juga. Nangis aje,nyari muka skalean wkwk
.
.
Ok bye.. keterusan ngoceh gua

View more

kenapa kebnyakan orng bilng waktu adalah uang, padahalkan waktu ialah detik2 yg berharga..

@rrridhoandika
Gini ya.. awalnya gua jga bingung sama ungkapan itu.
Nah ternyata itu merupakan ungkapan dri Benjamin Franklin. Jelas orang luar dong,org barat. Kebetulan beliau itu pnya banyak kerjaan. Makanya ngeluarin ungkapan begitu.
Sama kite,ungkapan ini justru bertentangan. Apalagi sma org yg beragama muslim ye kan. "Waktu adalah uang".. klo tiap detik kudu diuangin, lah sholatnye kapan ? Dzikirnye kapan ? Sholawatnye kapan ? Nah..
Klo di indonesia,gua sering denger ungkapan org Jawa "Alon alon asal klakon".
Biar lambat asal selamat 😂 berkebalikan sma waktu adalah uang. Lah kite ma org indonesia. Org muslim. "Waktu adalah ibadah." Ape2 pokoknye kudu bernilai ibadah. Duduk dibarengin dzikir,ibadah. Makan pake doa,ibadah. Kerja pake niat pake doa,ibadah. 24jam yg dikerjain dibarengin ibadah. Uang urusan belakangan.. maka ketika pas dapet uang,Allah kasih rezeki.. rezekinye berkah.
.
.
Sebenernya gaada yg salah dgn ungkapan2 yg ada.. itu tergantung kita menggunakan sperti apa. Klo segala sesuatu bernilai uang,lah ngapain ? Kita idup emg ngejar duit doang ? Kga ye kan.. Enak tu duit dapet,ibadah jga jalan terooos
.
.
Btw,selamat pagehhh😎

View more

Assalamualaikum warahmatullah wabarakaatuh. Jd gini sy sdh hpus fto2 diakun sosmed sy kak,sdh berusaha untk tdk posting fto2 sy lg. trs sy cek2 jg diakun tmn2 sy, trnyt msh ada bbrp ft sy yg ada disosmed yg dishare tmn2 sy dlu. Sy mau bilangin ke tmn2 sy buat hps fto sy, tp sy bingung bilng ny gmn?

Wa alaikumus salaam..
Mngkin bukan cuma lo aja kali yak,gue jga pernah dan tmn2 yg lain jga mngkin pernah ngalemin hal yg sama.
.
Bilanginnya kudu dg cara alus. Jgn smpe bikin die tersinggung. Pelan2 aje. Ya pake cara apa kek,misal.. "ih gue ga pede dah disono,tolong apusin doong.. blablabla.." Nyantai aja nyantai. Usahain jgn dulu pake keluarin dalil segala macem😅 krna bisa jd itu bikin mereka tersinggung. Klo udeh usaha ngomong tp blm die apus,serahin semuanya sma Allah. Niat lu bae,masa iya Allah gamau nolong. Ya pasti Allah tolongin;) Sabar ye.. semua punya masa. Barangkali ini bagian dri jalan dakwah lu ke temen2. Tunjukin sikap positif. Ntar tmn2 jga bakal ngikutin.
.
Have a nice day💙

View more

perempuan yang berusaha mengutak-ngatik pengertian“aurat” dengan logikanya kemudian berkesimpulan menutup aurat itu tidak perlu atau gimanya??

@rrridhoandika
Setiap orang itu punya pendapat yg beda2. Dan setiap orang pasti membenarkan pendapatnya masing2. Ya walopun sebenernya itu salah tapi tetep.. setiap orang itu berpendapat yg menurut dia bener.
Maen buka2 aurat pun ya menurut mereka sah2 aja. Ngerjain maksiat, ya fine2 aja. Tapi dlm kurun selagi blm mengetahui yg sebenarnya.
Kesadaran itu ada dlm diri tiap orang. Maka hrs ada yg bikin dia sadar.
Contoh kecil.. misal nih kita ngerjain soal. Pilihan jwabannya ada 5. Kita pilih salah satu yg menurut kita bnr,yaudeh kita pilih C. Kenapa ? Krna menurut kita C itu bener. Tiba wktunya jawabn kita dikoreksi sma guru. Eh ternyata salah. Kenapa ? Karna guru lebih tau jawaban yg sebenernya.
Begutu jga dg berpendapat. Kita selalu ngerasa bener dg apa yg kita keluarkan. Tapi..
و قل الحق من ربكم
Kebenaran itu ada pada Allah. Perginya ya ke quran.
Cwe yg ngotak ngatik pengertian aurat ato hijab,apakah udeh konfirmasi ke quran ? Kalo belum,konfirmasi dulu. Sebab kebenarn itu perlu dicari perlu diketaui. Apapun didunia itu perlu kita pelajari. Sekolah aja wajib 12 taun. Yekan.. naah ga boleh so tau makanya. Apalagi soap syariat,harus bnr2 didalemin.
Orang itu selalu ngaku bhwa pendapatnya bener selama blm tau kebenaran yg sebenarnya.
Nah makanya usaha,belajar🍃

View more

Next