Ask @koalamarine:

Oh begitu. Semisal kita ambil judul sesuatu tp ternyata sesuatu itu baru akan dibahas di tahun ke 3 bagaimana, apakah masih boleh? Sedangkan ilmu kita mengenai sesuatu itu masih nol besar

masalah pemilihan judul biasanya dibicarakan sama dosbing. kalau ilmunya masih belum dapat tapi di-acc dosbing, berarti kalau ingin segera mulai mau ga mau harus belajar di bidang itu lebih awal dari yang lain.
lagian, skripsi kan biasanya membahas hal yang lebih dalam dari yang ada di perkuliahan, jadi ya mau ga mau kudu tetap dipelajari sih materinya, ga peduli itu udah lewat bloknya atau belum (~'o')~
(btw prosesnya mungkin lama juga wkwk)
(ngga ding, itu w aja yang malas)

View more

FK UGM 3,5 tahun ya? Kok 2013 ada yg udh pendadaran?

(reanswer karena lupa kasih disclaimer kalau ini berdasar sistem di prodi Pendidikan Dokter. untuk prodi lain (Gizi/Keperawatan) saya kurang tahu :) silahkan tanya ke teman-teman dari prodi tsb yaaa)
iya, FK UGM S1-nya 3,5 tahun. sistem skripsinya memang aneh sih dibandingin yang lain hehe.
jadi ceritanya gini. di FK kan sistem belajarnya pakai blok, satu semester ada 3 blok. selain belajar tentang sistem tubuh, penyakit, dan saudara-saudaranya yang lain (termasuk bencana) (bencana jadwal), ada juga blok Research. blok ini ada di akhir tahun kedua (B.6), dan kasarannya adalah pintu gerbang menuju skripsi. kenapa? karena kalau IP blok ini ga memenuhi standar tertentu, ga bisa garap skripsi, harus remed dulu.
oke lanjut.
basically kalau kamu sudah lulus B.6 dengan nilai di atas standar (maaf lupa berapa, B/C bukan ya?), kamu bisa pendadaran. iya, bisa sidang skripsi kalau udah kelar skripsinya tentu saja. mungkin? mungkin aja. kali setelah B.6 kamu langsung cari dosbing, terus selama liburan semester ngerjain proposal, seminar, penelitian, seminar lagi, terus revisi-revisi-revisi sampai mampus dan akhirnya acc sidang.
beda dengan fakultas lain yang perlu tuntas semua SKS (atau semacam itu? maaf kalau salah hehe saya kurang paham juga soalnya) baru bisa mulai penelitian, di FK UGM ga harus begitu. asal B.6 kamu lulus ya udah langsung aja bablas. mungkin bisa dibilang sporadik (?) ya, karena ga ada semester khusus untuk garap skripsi.
di FK UGM, ga harus nunggu semua blok habis baru boleh pendadaran. angkatan 2013 sendiri paling awal kalau ga salah ingat pas blok C.4 (awal semester 6). mahasiswa-mahasiswa yang sudah pendadaran ini bisa dibilang sudah ~setengah langkah~ menuju gelar S.Ked karena masih kuliah (sampai bloknya habis/D.3 selesai) dan harus lulus ujian praktik (OSCE Kompre).
jadi, jangan heran ya kalau ~mungkin~ akan banyak update-an angkatan 2013 (dan sepertinya sebentar lagi 2014 juga) yang pakai baju hitam-putih dan foto di depan KPTU dengan muka sumringah lengkap dengan segala pernak-pernik pendadaran.
akhir kata, selamat untuk yang sudah pendadaran dan semangat bagi yang masih berjuang dengan skripsi (termasuk saya)!

View more

Salah ga sih kalo gue egois sama orang yang bahkan sama dirinya sendiri aja ga peduli??? Udah coba peduli sama dia, tapi bahkan dia ga ada usaha apa-apa. Akhirnya capek juga ingetin dia, malah takutnya gue dianggap sok ngatur2 dia padahal niat gue peduli kan buat kebaikan dia juga.

Hai. Kalau menurutmu itu baik--ga apa. Tapi semoga kamu tidak lelah dan berbalik jadi egois pada dirimu sendiri.

View more

Aku masih ga ngerti dgn konsep "jgn ganti2 pasangan, nanti kena HIV" bukannya selama kita dan (banyak) pasangan kita ga kena HIV, kita ga bakal ketularan ya? Bisa ga sih kalau kita+ pasangan bersih dr HIV kita kena HIV?

It's more like a precaution, isn't it?
Sebenarnya intinya kan jaga-jaga. Memang seseorang ga akan tertular HIV (lewat jalur seksual) kalau misalnya partner seksualnya juga ga kena HIV. Tapi, kan sulit juga tahu partnernya itu benar-benar bersih atau ga. Sulit juga tahu si partner ini berhubungan dengan orang lain yang punya penyakit menular seksual atau ngga.
The phrase 'be faithful to your partner' is more suitable when it comes to this case, I think.

View more

"--something I'm likely to say in an alternate world where every words written on your soulmate's skin will appear on your skin on the very same place they're originally written" WHOAH FIC IDEA what do u say ayo mumpung libur plis

Gypsy Danger
I've read fics based on /that/ particular universe so it isn't all that original really!!! And about writing a full-length story--i don’t know if i have no motivation then nothing will happen, obv.

View more

Coba tuliskan 'Surat Terbuka untuk Calon Suami/Istri' kalian. Have a nice day!

Hello, let's meet up. Preferably somewhere with good coffee and palatable dishes. We should have a long, winding talk where we can unveil each other. I'll learn your flaws and try to cover it with whatever I have in hand. Let me cherish your beauties so that nobody could forget what a good person you are.
--something I'm likely to say in an alternate world where every words written on your soulmate's skin will appear on your skin on the very same place they're originally written.

View more

kak apa kalo abis di putusin ma pacar (cowok) terus seminggu balikan lagi karna kita yg salah dan karna kita yang ngajak balikan itu rasa nya beda ya? pacar aku sih sekarang belum mau lagi bilang kangen or cinta ma aku.yg berbau soal hubungan ga mau bahas .apa begitu kak? jadi sedikit dingin

wrong person to ask because the only thing i know about relationship is there are small canals connecting an osteocyte to another osteocytes so they can still communicate even when the bone matrix has been fully calcified isn't that cute????

View more

Next