@marantinafy

Marantina F.Y

Ask @marantinafy

Sort by:

LatestTop

suka drakor ga?

Tergantung mood sih wkwk kalo ada turnamen badminton, di hold dulu drakornya. Tapi kadang buat nonton 1 eps pun ga bisa langsung dalam waktu sehari 🥲

People you may like

SANSANNELLA’s Profile Photo nela
also likes
Ri_sone’s Profile Photo Sayyidah Maria
also likes
blacktighr’s Profile Photo Black Tighr
also likes
putri_hermawati’s Profile Photo Puherrr
also likes
Soomsa94’s Profile Photo Soomsa
also likes
delluisaa’s Profile Photo Elle
also likes
AhmedMohamedDuidar’s Profile Photo Ahmed Duidar
also likes
MohamedAnwar30’s Profile Photo Møhàméd Anwér
also likes
BahaAddinAlshraideh’s Profile Photo BaHa Shraideh
also likes
christines_2811’s Profile Photo c h
also likes
kykiky_’s Profile Photo Kiky
also likes
c22z’s Profile Photo Abdulmalik
also likes
DifaHambali’s Profile Photo difahambali
also likes
ART3Martin’s Profile Photo 3DRIK✔
also likes
CrashLy17’s Profile Photo Crash
also likes
oHassaNo’s Profile Photo Hassan Ahmad
also likes
jamilatulmaulidia’s Profile Photo Ulygii
also likes
Want to make more friends? Try this: Tell us what you like and find people with the same interests. Try this: + add more interests + add your interests

tidur sana,begadang mulu

Huhu iya sih akhir-akhir ini pola tidur jadi berantakan lagi. Pingin gitu tidur kurang dari jam 12 malem tapi kok susah 🥲

Aku bingung sm sikap km

Emang aku harus sikap kayak gimana :') mencoba baik ke semua orang biar ga nyakitin perasaan orang lain
Aku bingung sm sikap km

Kalo suatu saat kamu tayang di tv kamu ingin tentang apa penayanganmu di tv itu? Apakah masuk berita karena kasus pencurian atau sebagai orang iseng yg dada2 ke arah kamera yg lg meliput suatu berita atau gimana?

Orang iseng yg dadah-dadah ke kamera ???
yakaleee, maunya bermanfaat gitu laah wkwk tapi saya bukan tipe orang yg suka di depan layar, jadi kalo jadi orang iseng yg dadah-dadah ke kamera ok aja kok ?? kali aja gt ya nonton badminton di istora terus ke sorot kamera ??

Kak kalo lg joint pain sampe merah gt biasanya minum apa?

Ga pernah sampe merah sih biasanyaa hehe
- kalo dulu bgt pas masih minum steroid mungkin dosis MP selama seminggu atau sebulan dinaikin dulu,
- dulu jg pernah disaranin dokter kalo ga kuat banget nahan sakitnya dosis plaquenil/hcq ditambah jadi 2 x 1.
- pernah jg diresepin ibuprofen
tapi kalo skrg paling pake salep / krim oles, pernah jg pake minyak oles gitu. atau biasanya minum paracetamol 1000mg.
intinya kalo ga bisa ditahan pake salep atau minyak gitu, konsultasi ke dokter yaa

Sharing cerita awal bisa kediagnosa sle dong kak gejala yg kk rasain gimanaa terus gimana bisa sampe tegak diagnosa sle nya?

entah dari tahun 2013 atau tahun sebelumnya, pipi aku suka ada bercak merah gitu, apalagi kalo kena kaporit (jadi pas SMA dulu aku ga pernah berenang ✌).
Terus tahun 2013 juga udah mulai sering sakit kepala(hampir tiap hari), ditahun yg sama juga udah mulai ada tanda-tanda hidung mampet terus (aku kira sinus ternyata infeksi), mata kering (berair terus), pegal, kayak ada yg ganjel gitu. Oiya, pas abis olahraga ujian praktik thn 2015 jg udah mulai kerasa fatigue, udah sering rambut rontok jg tapi masih denial karna ya rambut masih tebal kok (kalo skrg kan 3 kali lipat lebih tipis dari sebelumnya?)
-masalah kulit tertangani karna waktu itu masih cocok pake salep beli di apotek dan minum herbal (aku dulu pernah sampe makan daging ular karna kulitku sensitif bgt dan gatau kenapa ga sembuh2, pernah ke dokter di bilangnya eksim atau alergi aja tp malah tambah gatel)
-ke tht thn 2014 sampe rontgen di bagian kepala, terus hasilnya kayaknya rhinitis alergi (skrg pun masih suka kambuh mampetnya wkwk tp udah biasa ya udah lah)
-ke poli mata juni 2016, ternyata mata susp.glukoma tekanan bola mata tinggi + saraf mata ada yg melebar. disini udah dirujuk ke rscm, fatmawati tp gapernah jalan ✌
-puncaknya okt-nov 2016 masalah mukaku udah ga bisa ditanganin, bercak merah (ruam khas butterfly lupus) makin gatel, perih, makin parah lah (karna rumah lg renov juga, udah ngontrak rumah cuma sering bolak-balik ke rumah jadi suka kena debu, sensitif bgt lah) pake obat yg biasanya ga bisa. ke poli kulit RS HGA des 2016, disini dokternya kasih obat tp ngerujuk ke poli penyakit dalam dan sama dr.sukamto (pdhl awalnya nolak karna dr.sukamto pasiennya banyak kan wkwk males ngantre), tp dokter kulitnya bilang "harus sama dr.sukamto karna cuma dia ahlinya disini". karna emang dr.sukamto pasiennya banyak, baru dapet nomer 1 bln kemudian. pertengahan jan 2017 ke dr.sukamto di rs hga (ahli alergi imunologi, konsulen rscm jg), masih gatau sakit apa, cuma dr kulitnya cuma bilang sensitif sinar matahari. terus ditanya "nyeri sendi ga?" "rambut rontok ga?" "sering sariawan ga?" aku jawab nggak semua. karna yaitu tadi rambut rontok sih tp ga parah, nyeri sendi baru kerasa pas feb 2017, sebelumnya cuma fatigue aja pas abis jalan2 jauh gitu. terus di rujuk ke rscm katanya cuma buat cek lab. pas ke rscm sampe di koridor poli alergi jg gatau sakit apa, cuma sensitif sinar matahari, mikirnya paling alergi. terus di ruang tunggu nanya ke mbak2 pasien di poli alergi kena SLE, masih gatau SLE itu apa, pas mbak itu bilang lupus, aku kaget terus bisikin ibuku "bu, itu kan lupus yg penyakitnya parah bisa bikin lumpuh dan hilang ingatan, kakak kelasku (yg beda cabang sekolah) kemarin kena jg". eh pas ketemu dokter, dapet pertanyaan sama. pas rambut rontok aku bilang "rontok sih dok, tp ga rontok bgt" dokternya jg nanya ruamku dulu kayak yg di foto ga? aku bilang iya, terus aku nanya "dok, emang yg kayak gitu sakit apa ya?" "lupus" terus pas minggu depannya tes lab ternyata positif.

View more

Sekarang obat2 tan yg masih di konsumsi apa aja kak?

-Asam Folat
-CaCO3
-Vitamin D1000Iu atau Kokatriol (pilih salah satu)
-Hidroxichloroquin
Paracetamol kalo mendesak aja

Kak pernah ada pengalaman minum myfortic ga itu salah satu terapi lupus bukan si kak?

Iya memang bisa terapi lupus, tapi aku ga pernah dapet myfortic. Biasanya yg diresepin myfortic itu yang lupus neufrotis.

Kak aku harus balik lg minum steroid tapi kaya gasiap banget sama semua efeksampingnya krn dulu udh pernah ngerasain gaenak2 nya tu kaya apa, terus pas tau harus balik kaya bener2 segasiap itu. Ada tips ga si kak biar kita bisa siap buat balik sama terapi yg harus dijalanin?

Lebih baik konsultasi dan komunikasikan ke dokternya sih. Ya misal kamu penyintas autoimun dan untuk obat baru bisa dengan steroid harus bener-bener menerima konsekuensinya. Tapi menurutku lebih baik diskusi dan komunikasi ke dokter entah itu mau stop atau naikin dosis obat. Nah, setelah itu baru deh pola makan dan pola hidupnya diperbaiki biar bisa remisi steroid lagi.
Aku pun pas kontrol bulan ini, dokter residen mau naikin dosis 4mg/hari, tapi dokter konsulen bilang jangan dulu, selagi gapapa aja. Pernah juga nanya pas nov 2017 di acara gathering odapus YLI, waktu itu dosis masih 8mg nanya ke dokter pas ada tanya-jawab, karna diagnosa glaukoma tegak tapi MP masih 8 mg, dan pas disitu dokternya bilang, "Jadi kalo kita gini loh dek. Misal kita lagi berkendara naik motor, di kanan ada truck di kiri jurang, pas kita lihat spion otomatis kita akan berada di tengah-tengah atau mungkin belok ke salah satu bagian. Kita ga bisa selamanya untuk di tengah, karna untuk imbangin biar ga ketabrak truck dan ga jatuh ke jurang itu sulit". Dan dari situ aku ambil kesimpulan kalo segala sesuatunya memang ada konsekuensinya masing-masing. Mungkin salah satu langkahnya dengan berdoa dan usaha biar kita dapet konsekuensinya seminimal mungkin :")

View more

Maksudnya prednisolone obat patennya itu gmn kak?

Lebih enak nanya ginian ke anak farmasi gitu sih wkwk jadi obat tuh ada yg generik, ada yg paten. Ga ada bedanya sih untuk khasiat (tapi efek samping kalo ga salah ada bedanya #CMIIW ada yg bilang obat paten efek samping lebih aman (?) tapi kamu coba cari tau sendiri lagi ya), bedanya yg lain obat generik ini lebih murah daripada obat paten. Terus aku pernah minum Hcq (generik) dan plaquenil (paten) masa kalo plaquenil ga begitu pahit (?) tapi mungkin cuma sugesti aja kali ya? lol
coba aja googling, apa bedanya paten dan generik. tapi kalo ke puskesmas dan rs rs biasanya saranin gunain obat generik wkwk sampe ada banner promosi kesehatannya?
Liked by: Adisty Deanissa
+2 answers Read more

Kak aku dapet prednisolone 50mg sehari berarti termasuk dosisnya lumayan ya itu?

Iya. lumayan. Prednisone dosis 5mg = MP dosis 4mg. Tapi prednisone itu obat patennya~
kalo MP diatas 24mg kalo ga salah (CMIIW) udah termasuk dosis tinggi sihh. Coba aja ya tanya ke dokter yg kasih dosisnya. gapapa jadi pasien bawel-bawel gituu kok.

Kak dulu waktu minum steroid start di dosis brp terus penurunannya gimanaa boleh sharing gaa kak thankyou sebelumnyaa

Dulu start awalnya di dosis 24mg/hari. tappering off nya itu perlahan banget tergantung kondisi, misal nih bulan ini udah enakan eh pas diturunin dosis banyak keluhan lagi, akhirnya balik dulu ke dosis yg sebelumnya makanya waktu itu lumayan lamanya di dosis 12mg dan 8mg ?
Bln feb 2017- akhir maret 2017 : 24mg
akhir maret-april 2017 : 20 mg
mei 2017 : 16mg
pas 16mg ke 12 mg juga lama bolak balik terus, kalo ga salah pas agustus 2017 (maap lupa) udah 12 mg/hari. nah itu pas dari 12 mg ke 8mg nya lama banget :( dari 8 ke 4 juga lama. untungnya pas 4 mulai cepet turunnya. dari 4mg/hari ke 4mg/2 hari terus senin-kamis aja minum 4mg/harinya terus seminggu 4mg. Mulai off MPnya pas juni 2018.
Kemarin sih mau diturunin juga dosis hidroxinya cuma karna keluhan sakit punggung itu jadi ditunda dulu :')

View more

Desc kelas kalian?

Sinting Informasi 2015 :")
Ga terasa udah 4 tahun aja kenal mereka. Anak-anaknya receh, pokoknya apapun bisa jadi bahan ketawa wkwkk selow, santai, biasanya cewek sama cowok suka misah tapi gampang kalo disatuin kompak-kompak aja. Sedih banget ternyata ga bisa wisuda bareng-bareng :") semangat buat kalian yg masih harus berjuang menyelesaikan skripsi, jangan merasa tertinggal! Selamat memasuki fase kehidupan baru buat yg udah lulus. Terima kasih sudah menjadi salah satu sumber kebahagiaan selama ini :")
Awalnya pingin banget sbm lagi, coba kampus yg dari awal jadi tujuan utama. tapi ga lolos, mungkin memang jawaban dari Allah kalo aku memang harus dipertemukan dengan kalian :") makasih kerecehannya wkwk kalian lawaq dan memang terbaikkk :')
Desc kelas kalian
Liked by: akirep

Kamu misal punya adik tapi secara fisik dan mental dia terlihat jauh lebih dewasa dibandingkan kamu, kamu akan tetap menganggap dia sebagai sosok adik atau kakak?

tapi aku ga punya adik :(

Biasanya klo syuting film itu kan yg sering terjadi cinlok kan antara dua aktor dan aktris yg memainkan sepasang kekasih di film itu, misal ada cinlok dari sebuah syuting film tapi yg mengalami cinlok itu antara pemeran sepasang ibu dan anak di film tapi di kehidupan nyata jatuh cinta, aneh nggak?

ngga

1. Prince william or prince harry? 2. Princess diana or princess kate middleton? 3. Prince George or prince louis?

I cant choose. I like all British Royal Family's members, except Camilla and Prince Charles (but I'm trying to see prince charles from another side) ?

Jika kamu harus mewarnai rambut dan mempertahankan warna itu selama 5 tahun kedepan, warna apa yang kamu pilih?

dark brown wkwkk tapi ku ga boleh warnain rambut~ pake henna kali ya maksudnya

deskripsikan gebetan/pacar/pasangan kalian

Gaada yg bisa di deskripsikan :(
mau aku deskripsiin momota kento aja? ?

Film terburuk apa yang pernah kamu tonton seumur hidupmu?

lupa. jarang nonton film, pas SMA sesering-seringnya nonton film ikutan temen jadi gatau judulnya

Kebanyakan dari qt,,,, suka banget melihat diri sendiri di depan cermin.. Sayangnya,,, ternyata cermin itu tak sepenuhnya jujur menampilkan diri qt..

Ini momota sama lin dan juga berasa lagi cermin kali ya ?
Kebanyakan dari qt suka banget melihat diri sendiri di depan cermin Sayangnya

Tiga kata apa yang paling menjelaskan kehidupan di kotamu?

Ramai, macet, religius (ini berdasarkan perspektif pribadi ya) wkwk

Sifat apakah yang paling kamu kagumi dari seseorang?

Nggak bisa satu sifat aja sih, tapi paket komplit biar seimbang wkwk
Baik, Sabar, cerdas dan pintar, Mau berbagi ilmu, bijaksana, shalih/ah, detail, ramah/humble, low profile, humoris biar ga kaku-kaku amat.

20 fakta tentang kamu :)

1. Introvert
2. Receh
3. Random
4. Informan a.k.a ..... ?
5. Bawel kalo ke orang yang udah deket
6. Pendiam kalo ngerasa asing sama suasananya wkwk
7. minderan wkwk iya ini sifat jelek bgt tapi gampang bgt minderan akutuh :(
8. Kalo kenalan sama orang yg baik, jadi pingin kenal orang itu lebih jauh
9. Gampang percaya sama orang :"
10. Suka berteman dan luasin relasi pertemanan, tapi tetep ya ujung-ujungnya seleksi alam wkwk ngerucut gitu pasti
11. Cuek
12. Tapi di sisi lain sensitif an juga #yha
13. insecure
14. ceria (banyak yg bilang gini ?)
15. Overthinking
16. Ramah
17. Easy Going (tapi kalo lawan bicara cuek atau gimana ya aq males juga wkwk)
18. yaudah cek mbti ISFJ aja kayak gimana
19. Gampang down :( rapuh banget yak wkwk
20. Idealis tapi tidak perfeksionis (tapi sekarang mengurangi sisi idealis, karna bikin gampang stress kalo terlalu idealis tuh )
selebih atau kurangnya biar orang lain yg menilai yaak~

View more

Next

Language: English